Penanaman Motifasi Berprestasi pada Mahasiswa Baru Program Studi Fisika, FKIP, Universitas Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.35Abstract
Abstrak: Masalah yang dihadapi oleh mahasiswa baru pada program studi Pendidikan Fisika, Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram adalah masalah akademik maupun non akademik. Untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa baru tersebut, Himpunan Mahasiswa fisika menyelenggarakan workshop dengan tema meningkatkan motivasi untuk berprestasi. Pemateri pada workshop ini adalah dosen fisika dan kakak tingkat yang merupakan mahasiswa-mahasiswa berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Workshop semacam ini sangat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa baru, sebagai upaya untuk memotivasi semangat belajar dan berprestasi serta menyikapi permasalahan yang dihadapi dengan proporsional.References
Febriana, M., Nurkamto, J., Rochsantiningsih, D.,& Muhtia, A. (2018). Teaching in Rural Indonesian Schools : Teachers ’ Challenges. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(5), 11–20. Retrieved from https://ijmmu.com/index. php/ijmmu/article/view/305/232
Herwandar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi Program Matrikulasi ”TOEFL” Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(3), 179–188. Jana, P. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. J-Dinamika, 2(2), 125–128.
Rosliana, N., Permanasari, A., & Sudargo, F. (2014). Gambaran Hasil Belajar Matrikulasi Kimia Kesehatan di Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKES Dharma Husada Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 187–194.
Susiaty, U. D. (2016). Eksperimentasi Matrikulasi Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(1), 130–141.
Syahputra, R. A., Daulay, A. S., & Ridwanto. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pada Mahasiswa Baru Prodi Farmasi 2015/2016 UMN Al-Washliyah. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 1(1), 27–33.