Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Kimia SMA di Kota Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.34Abstract
Abstrak: Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah pada guru kimia sekota Mataram. Pelaksanaan dilakukan di SMAN 2 Mataram. Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin kemitraan dengan sekolah sasaran dan menginisiasi kemitraan dengan sekolah lain untuk meningkatkan kualitas professional guru.. Kegiatan ini diawali dengan pembekalan penulisan artikel ilmiah dilanjutkan dengan pelatihan penulisan dan pengiriman jurnal serta proses pendampingan hingga jurnal siap dikirim ke jurnal.. Dari 12 orang peserta, 6 orang telah mempunyai ide untuk menulis dan 1 orang guru telah siap artikel untuk diterbitkan pada bulan November 2019 pada jurnal CEP (chemistry education practice). Hasil kegiatan menunjukkan antusias guru dalam melaksanakan semua tahapan kegiatan. Mereka berharap lebih sering dilakukan kegiatan kegiatan seperti ini untuk meningkatkan professional guru. Tanggapan guru pelajaran kimia menunjukkan respon positif terhadap kegiatan ini.
Â
References
Adijuwana Hendra. 1992. Manajemen Laboratorium. Bogor: Istitut Pertanian Bogor.
Budiono Djoko. 1992. Pengantar Kegiatan Laboratorium Biologi. Surabaya: University Press IKIP Surabaya.
John W. Hansen & Gerald G. L. 2004. Developing technology teachers : questioning the industrial tool use model. Journal of Technology Education. 15 (2), 20 – 32.
Mulyono. 2006. Membuat Reagen Kimia. Jakarta: Bumi Aksara.
Padmawinata Djupri, dkk. 1983. Pengelolaan Laboratorium IPA. Dirjen Dikti, Jakarta.
Sudarmadji Slamet, dkk. 1984. Prosedur Analisa untuk Bahan Makanan dan Pertanian. Liberty, Yogyakarta.
Tim. 2002. Pedoman Standar Minimal Pendayagunaan Peralatan Laboratorium Kimia. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum
Tim. 2004. Penanganan Bahan – bahan Kimia Berbahaya dan Beracun Serta keselamatan Kerja. Bandung: Pusat Penelitian Kimia.