Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Virtual Program Java Pada Guru Fisika Dan Siswa SMA

Authors

  • Susilawati Susilawati Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Aris Doyan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Ahmad Harjono Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
  • Kosim Kosim Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.3

Abstract

Abstrak: Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dan siswa tentang pembelajaran inkuiri berbasis media virtual program java pada mata pelajaran fisika. Adapun materi fisika yang disampaikan dalam pengabdian ini terdiri dari gerak benda, percepatan benda dan hukum Newton, serta gerak jatuh bebas. Secara umum kegiatan pelatihan ini berhasil  dan terlaksana dengan baik, karena guru-guru fisika yang menjadi peserta merasa mendapatkan bekal cara-cara menyampaikan materi fisika menggunakan model inkuiri berbasis media virtual program java dan termotivasi untuk menerapkannya dalam pembelajaran di kelas. Selain itu, di akhir pertemuan mereka menginginkan kegiatan ini berkelanjutan untuk penguatan konsep fisika bagi guru SMA.

 

Kata Kunci:Pembelajaran Inkuiri; Media Virtual Program Java

References

Adnane, M.,Al Idrus, Agil, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran (Modul Diklat Sertifikasi Guru). Mataram: Universitas Mataram.

Amri,Sofan. 2011. Proses Pembelajaran Kreatif Dan Inofatif Dalam Kelas. Jakarta: Pustakaraya

Bruce Joice-Marsha Weil. 2000. Models of Teaching. USA: Allyn & Bacon.

Dimyati, M & Mujiono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Blajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksar.

Hartono.2006. Pembelajaran Fisika Modern Bagi Mahasiswa Calon Guru.Disertasi Doktor pada SPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Susilawati, S., Doyan, A., Harjono, A., & Kosim, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Virtual Program Java Pada Guru Fisika Dan Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.3

Issue

Section

Articles