Penugasan Dosen di Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika

Authors

  • Laxmi Zahara Universitas Hamzanwadi
  • Khaerus Syahidi Universitas Hamzanwadi
  • Fartina Fartina Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.247

Abstract

Kegiatan Penugasan Dosen di Sekolah bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antara Dosen dan Guru di Sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan meliputi: observasi, perancangan, pelaksanaan dan Refleksi. Adapun produk yang dihasilkan berupa: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, Lembar Observasi Pembelajaran, Instrumen Penilaian, Lembar refleksi guru, dan Lembar Refleksi Dosen. Selama kegiatanberlagsung Guru dan Dosen melakukan 7 kali perencanaan, 7 kali pelaksanaan dan 7 kali Refleksi. Kegiatan Perencanaan disesuaikan dengan materi, karakteristik peserta didik dan sarana prasarana yang tersedia. Perbaikan kualitas pembelajaran dilhat dari keaktifan dan ketuntasan klasikal peserta didik selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah kolaborasi guru dengan dosen di sekolah sangat bermanfaat dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Devianti, R., & Sari, S. L. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Aulia, 6(1), 21–36.

Fitriani, A., Ariawan, R., & Wahyuni, A. (2020). Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Materi Bentuk Aljabar. AKSIOMATIK: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 64–72.

Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2021). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10

Indrawadi, J., & Hanoum, E. (2018). Kolaborasi Dosen dan Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pds Unp, November, 149–152. http://pdsunp.ppj.unp.ac.id/index.php/PDSUNP/article/view/22%0Ahttp://pdsunp.ppj.unp.ac.id/index.php/PDSUNP/article/download/22/20

Kaharuddin, A., & Liasambu, L. (2019). Penerapan Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 29–37. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i2.9750

Muhtarom, T., & Novitasari, A. (2023). Pelaksanaan Program PDS ( Penerjunan Dosen ke Sekolah ) sebagai Upaya Kolaborasi LPTK dengan Sekolah Mitra , Penguatan KompetensiProfesionalisme Dosen Prodi PGSD UPY dan Pemecahan Permasalahan Sekolah Mitra SD Muhammadiyah Wirobrajan 2 Yogyakarta Receive. 01, 10–16.

Restiani, S. Y., Ismah, I., & Fatonah, E. (2021). Analisis Faktor Pendukung Keberhasilan Pemenang Kompetisi Matematika Di SMP Al-Fath Cirendeu. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat%0AE-ISSN:

Sukatiman, S., Roemintoyo, R., H, C., Akhyar, M., Sutikno, S., & Suwarno, S. (2020). Kolaborasi Guru-Dosen Dalam Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 82–92. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i02.477

Suparmini, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n1.p14-18

Zahara, L. (2012). Pembelajaran Fisika Melalui Tipe STAD dan Jigsaw II Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Orientasi Keperibadian Siswa. Jurnal EducatiO, 7(1), 75–91.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Zahara, L., Syahidi, K. ., & Fartina, F. (2023). Penugasan Dosen di Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika . Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 5(2), 55–60. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.247

Issue

Section

Articles