Inovasi Pendidikan dalam Mengeksplorasi Adaptasi Teknologi untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pelatihan Canva di SMP Negeri 2 Batukliang
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.244Abstract
Pendidikan memainkan peran krusial bagi kemajuan bangsa dan membuka kapasitas intelektual, keterampilan, dan pengetahuan masyarakat. Namun, masa pandemi menyebabkan ketidakefektifan proses pembelajaran. Sebagai solusi, kementrian pendidikan memperkenalkan program kampus mengajar yang salah satu tujuannya menekankan adaptasi teknologi. Dalam menghadapi era digital, keberadaan teknologi merupakan sebuah pendudukung dalam proses pembelajaran yang salah satunya desain grafis. Oleh karena itu, kami berkomitemen untuk mendukung peserta didik dalam meningkatkan kreativitasnya dalam pelatihan canva. Pelatihan canva melalui tahapan pra pelaksanaan mulai dari penentuan jadwal, pamflet, dan materi, kemudian tahap pelaksanaan mencangkup pengenalan aplikasi, tools, fitur dll., dan tahap pasca pelaksanaan yang dimana peserta didik diminta membuat poster lomba dengan tema stop bullying, mental health, dan adaptasi teknologi. Pelatihan canva di SMP Negeri 2 Batukliang pada 13 Oktober disambut dengan antusias oleh peserta didik dibuktikan dengan mendengarkan materi dengan baik, mengajukan pertanyaan, dan praktik membuat poster pada ajang perlombaan poster. Hasil lomba poster menunjukkan tingginya kreativitas peserta didik.
References
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977
Fatina , G. H. ., Gunada, I. W., Istiqlal, L. G. ., Nyiaga, M. Y. ., & Hardiyanti, Y. . (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Metode Tutorial Terbimbing di SMA Negeri 1 Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 5(1), 24–28. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i1.225
Fatonah, N., Permana, J., & Syaodih, E. (2023). IMPROVING NUMERACY LITERACY SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS THROUGH THE KAMPUS MENGAJAR (KAMPUS MENGAJAR) PROGRAM POLICY. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(2), 298–308. https://doi.org/10.31949/jcp.v9i2.4597
Hijrah, L., Arransyah, M. F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. Jurnal PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1),98-106. https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/28477/5849-16492-1-PB%20(1).pdf?sequence=1
Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 11–28. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434
Mahendra, F. E., Supriadi, S., Rusani, I., Anwar, Z., Hidayani, H., & Trisnawati, N. F. (2023). Adaptasi Teknologi dan Proses Administrasi di SD Willibrodus pada Program Kampus Mengajar. Dst, 3(1), 84–88. https://doi.org/10.47709/dst.v3i1.2658
Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran: Utilization of Gadget Technology as a Learning Media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1-10. https://journal.umpr.ac.id/index.php/bitnet/article/view/752
Sri Wahyuningsih, Samidi, & Indra Nugraha. (2023). Pelatihan dan Edukasi Pembuatan Desain Grafis pada Siswa-Siswi SMK Triguna 1956 Menggunakan Aplikasi Canva. Artinara, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.36080/art.v2i2.89
Sutarini, N. K. D., & Purnamaningsih, P. E. (2023). Program Pendampingan Adaptasi Teknologi Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran di SDN 3 Pikat. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1857. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2722
Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan pemanfaatan canva dalam mendesain poster. FORDICATE, 1(2), 192-199. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/fordicate/article/view/2418