Inovasi Pendidikan dalam Mengeksplorasi Adaptasi Teknologi untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pelatihan Canva di SMP Negeri 2 Batukliang

Authors

  • Baiq Andriani Saputri Baiq Universitas Mataram
  • Baiq Maulida Titin Fatimah Universitas Mataram
  • Haerul Johdi Universitas Mataram
  • Fathoni Arif Pratama Universitas Mataram
  • Nila Vidia Ekayanti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.244

Abstract

Pendidikan memainkan peran krusial  bagi kemajuan bangsa dan membuka kapasitas intelektual, keterampilan, dan pengetahuan masyarakat. Namun, masa pandemi menyebabkan ketidakefektifan proses pembelajaran. Sebagai solusi, kementrian pendidikan memperkenalkan program kampus mengajar yang salah satu tujuannya menekankan adaptasi teknologi. Dalam menghadapi era digital, keberadaan teknologi merupakan sebuah pendudukung dalam proses pembelajaran yang salah satunya desain grafis. Oleh karena itu, kami berkomitemen untuk  mendukung peserta didik dalam meningkatkan kreativitasnya dalam pelatihan canva. Pelatihan canva melalui tahapan pra pelaksanaan mulai dari penentuan jadwal, pamflet, dan materi, kemudian tahap pelaksanaan mencangkup pengenalan aplikasi, tools, fitur dll., dan tahap pasca pelaksanaan yang dimana peserta didik diminta membuat poster lomba dengan tema stop bullying, mental health, dan adaptasi teknologi. Pelatihan canva di SMP Negeri 2 Batukliang pada 13 Oktober disambut dengan antusias oleh peserta didik dibuktikan dengan mendengarkan materi dengan baik, mengajukan pertanyaan, dan praktik membuat poster pada ajang perlombaan poster. Hasil lomba poster menunjukkan tingginya kreativitas peserta didik.

References

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Fatina , G. H. ., Gunada, I. W., Istiqlal, L. G. ., Nyiaga, M. Y. ., & Hardiyanti, Y. . (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Metode Tutorial Terbimbing di SMA Negeri 1 Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 5(1), 24–28. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i1.225

Fatonah, N., Permana, J., & Syaodih, E. (2023). IMPROVING NUMERACY LITERACY SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS THROUGH THE KAMPUS MENGAJAR (KAMPUS MENGAJAR) PROGRAM POLICY. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(2), 298–308. https://doi.org/10.31949/jcp.v9i2.4597

Hijrah, L., Arransyah, M. F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. Jurnal PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1),98-106. https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/28477/5849-16492-1-PB%20(1).pdf?sequence=1

Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 11–28. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434

Mahendra, F. E., Supriadi, S., Rusani, I., Anwar, Z., Hidayani, H., & Trisnawati, N. F. (2023). Adaptasi Teknologi dan Proses Administrasi di SD Willibrodus pada Program Kampus Mengajar. Dst, 3(1), 84–88. https://doi.org/10.47709/dst.v3i1.2658

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran: Utilization of Gadget Technology as a Learning Media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1-10. https://journal.umpr.ac.id/index.php/bitnet/article/view/752

Sri Wahyuningsih, Samidi, & Indra Nugraha. (2023). Pelatihan dan Edukasi Pembuatan Desain Grafis pada Siswa-Siswi SMK Triguna 1956 Menggunakan Aplikasi Canva. Artinara, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.36080/art.v2i2.89

Sutarini, N. K. D., & Purnamaningsih, P. E. (2023). Program Pendampingan Adaptasi Teknologi Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran di SDN 3 Pikat. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1857. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2722

Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan pemanfaatan canva dalam mendesain poster. FORDICATE, 1(2), 192-199. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/fordicate/article/view/2418

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Baiq, B. A. S., Titin Fatimah, B. M. ., Johdi, H. ., Arif Pratama, F. ., & Vidia Ekayanti, N. . (2023). Inovasi Pendidikan dalam Mengeksplorasi Adaptasi Teknologi untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pelatihan Canva di SMP Negeri 2 Batukliang . Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 5(2), 45–49. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v5i2.244

Issue

Section

Articles