Pelatihan Pendalaman Materi IPA Berbasis Masalah Bagi Guru-Guru SDN Subahnala Kecamatan Batukliang Lombok Tengah

Authors

  • Sutrio Sutrio Universitas Mataram
  • Hairunisyah Sahidu
  • Ahmad Harjono
  • I Wayan Gunada
  • Hikmawati Hikmawati

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(1).193

Abstract

Guru mempunyai peran yang penting dalam pendidikan tidak hanya dituntut untuk menguasai materi, saat ini guru juga diharuskan mengikuti perkembangan teknologi yang ada sehingga dapat menyampaikan materi pelajaran lebih efektif. Hasil wawancara dengan Kepala sekolah dan beberapa guru-guru di SDN Subahnala Kecamatan Batukliang Lombok Tengah, banyak guru kurang mampu dalam membuat inovasi dalam proses kegiatan pembelajaran terutama dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis masalah. Dalam kegiatan pelatihan ini guru-guru akan diberikan pendalaman materi IPA terutama materi yang terkait dengan perkembangan teknologi dan lingkungan sekitar dengan mengunakan pendekatan berbasis masalah. Pelatihan ini dirasakan sangat penting dan berharga bagi guru untuk memperbaiki kualitas proses dan hasil belajar peserta didik. Kegiatan Pelatihan Pendalaman Materi IPA berbasis masalah dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu (1) tahap penyampaian materi pembelajaran berbasis masalah (2) Pendalaman materi IPA dengan mengunakan pendekatan berbasis masalah (3) Evaluasi Pelatihan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ceramah, diskusi dan kerja praktek. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam merancang dan menerapkan pembelajaran IPA berbasis masalah. Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan mengadakan kegiatan yang sama secara berkala dan pendampingan untuk memaksimalkan kemampuan guru dalam mendalami materi IPA.

 

Kata kunci: Pelatihan Pendalaman Materi, IPA, Berbasis Masalah, Guru SD

References

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46.

Hikmawati, N., Sutrio, S., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pembekalan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 92-100.

Kurniasih, Imas. dan Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120.

Nurqomariah, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 173-179.

Poedjiati. 2005. Pengembangan Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta

Rahman, S. 2019. Tuntutan Sebagai Guru dalam Pembelajaran di Era milenial, Tuntutan sebagai Guru dalam Pembelajaran di Era Milenial | Blog Rumah Belajar (kemdikbud.go.id) diakses tanggal 23 Mei 2020

Susanto, D., Sutrio, S., & Wahyudi, W. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa SMA Negeri 1 Selong Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 161-

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sutrio, S., Sahidu, H., Harjono, A., Gunada, I. W., & Hikmawati, H. (2023). Pelatihan Pendalaman Materi IPA Berbasis Masalah Bagi Guru-Guru SDN Subahnala Kecamatan Batukliang Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 4((2), 49–54. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(1).193

Issue

Section

Articles