Pemanfaatan KIT IPA Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru

Authors

  • Syahrial ayub universitas mataram
  • Aris Doyan
  • Wahyudi Wahyudi
  • Jannatin 'Ardhuha
  • Muh. Taufik
  • Muh. Makhrus
  • Yulia Hasan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan kepada guru guru di SD Negeri Subahnala Dusun Subahnala Desa Peresak, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, dalam memanfaatkan KIT IPA yang ada di sekolah dan membuat KIT IPA alternatif yang bahan bahannya berasal dari lingkungan yang mudah didapatkan. KIT IPA yang digunakan adalah KIT IPA Guru yang didistribusikan ke sekolah-sekolah oleh pemerintah melalui proyek Science Education Quality Improvement Project (SEQIP) yang merupakan proyek kerjasama Indonesia dengan Jerman. Pelatihan juga menggunakan Kit Alternatif yang komponen pembuatnya berasal dari bahan-bahan di lingkungan yang mudah didapatkan. Pelatihan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2022. KIT IPA yang dilatihkan saat itu adalah alat ukur timbangan, tekanan, pemasokan air ke rumah-rumah, pengukuran suhu dengan termometer, rangkaian listrik seri dan paralel, dan elektromagnet. KIT Alternatif yang diperkenalkan dan dilatihkan adalah kapal selam sederhana dan konsep Bernoulli. Kegiatan pelatihan diakhiri dengan memberikan penjelasan integrasi KIT IPA dalam pembelajaran di kelas. Model yang diperkenalkan adalah model yang berorientasi kepada peserta didik yaitu model student oriented yang berbasis masalah (case problem). Harapannya kegiatan ini akan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas. Hasil pengamatan dan observasi yang dilakukan saat awal, proses dan akhir kegiatan peserta pelatihan antusias, senang dan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan KIT IPA.

References

Ayub, S. (2001). Studi Penggunaan Kit IPA SD di Kodya Mataram. Mataram : Lembaga Penelitian Universitas Mataram.

_______. (2003). Optimalisasi Pembelajaran Fisika di SLTP dengan Menggunakan Model Pembelajaran yang Berorientasi Kepada Siswa (Student Oriented). Mataram: Lembaga Penelitian Universitas Mataram

_______. (2003). Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar IPA Melalui Optimalisasi Penggunaan Kit IPA di SLTP Negeri 6 Mataram. Mataram: Lembaga Penelitian Universitas Mataram.

_______. (2005). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 2 Mataram Melalui Implementasi Kurikulum 2004 dalam Skenario Pembelajaran yang Berorientasi kepada Pendekatan Keterampilan Proses. Mataram: Lembaga Penelitian Universitas Mataram.

Irawan, P. (1997). Teori Belajar. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.

Semiawan, dkk. (1988). Pendidikan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia.

Webster, Merriem. (1953). Webster’s Dictionary. Miamy Florida: PSI and Ass Inc.

Winataputra. (1996). Belajar dan Pembelajaran MIPA. Jakarta : Universitas

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

ayub, S., Doyan, A., Wahyudi, W., ’Ardhuha, J., Taufik, M., Makhrus, M., & Hasan, Y. (2023). Pemanfaatan KIT IPA Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 4((2), 43–48. Retrieved from https://jpfis.unram.ac.id/index.php/jpmsi/article/view/182

Issue

Section

Articles