Sosialiasasi Kualitas Pengemasan Bagi Pengusaha Kerupuk Rumahan Di De-sa Telagawaru
Abstract
Di desa Telagawaru terdapat lebih dari 20 usaha kecil dan menengah (UKM) produk kerupuk, dimana sebagian besar belum memperoleh bahkan belum mendapat informasi terkait bagaimana cara mendapatkan nomor PIRT untuk meningkatkan harga jual dan jangkauan pemasaran yang lebih luas. Masalah yang dialami oleh IRT Kerupuk Tempe dan Nare saat ini menyangkut aspek bahan pembuatan dan pengemasan yang kurang kreatif. Untuk mengatasi persoalan tersebut, diadakan sosialisasi tentang Peningkatan Kualitas Produksi Kerupuk di Desa Telagawaru dengan melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan Dinas Perindustrian Provinsi NTB sebagai Narasumber dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan para UMKM dapat memperoleh informasi terkait bagaimana cara meningkatkan Kualitas Produksi Kerupuk di Desa Telagwaru.
Kata Kunci : UKM Kerupuk, Telagawaru, Sosialisasi, Nomor PIRT, Pengemasan, Pemasasran.
References
Amstrong, K. 2010. Pengertian kualitas produk. Jackson R.S. Weenas - Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pela-yanan Pengaruhnya Terhadap Kepu-tusan Pembelian Spring Bed Comforta
Akbar, A. 2009. “Hubungan Antara Kemasan dengan Minat Membeli Produk Minu-man Sari Apel PT. Kusuma Agrowisata Batu – Malangâ€. Skripsi. Malang: Fakultas psikologi, Universitas Islam Negeri Malang.
Faridz, R. 2010. “Analisis Faktor-Faktor Peru-bahan Desain Kemasan Terhadap Nilai Jual Abon Ikanâ€. Jurnal Agrointek, Vol.4, No.2.
Peraturan Kepala Badan POM RI No. HK 00.05.55.6497
Umar, A. 2018. “BERANI MENGAMBIL RESI-KOâ€. Diakses dari https://binus.ac.id/entrepreneur/2018/11/26/berani-mengambil-resiko-abdullah-umar-st-mm/ pada tanggal 17 januari 2022.
UU No. 7 Tahun 1996 tentang : kondisi ter-penuhinya kebutuhan pangan bagi ru-mah tangga yang tercermin dari terse-dianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau.
UU No. 8 Tahun 1999 tentang : Perlindungan Konsumen
UU RI No. 7 tahun 1996 tentang : pangan