Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis Proyek bagi Guru-guru SD di Kota Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.158Abstract
Di era pandemi Covid-19, guru dituntut untuk mencari suatu inovasi dalam proses kegiatan pembelajaran. Disamping itu tuntutan pembelajaran sekarang ini guru perlu menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dapat mengembangkan kecakapan Abad 21. Kemampuan seperti berpikir kritis, memecahkan masalah, kolaborasi dan kecakapan berkomunikasi diharapkan untuk selalu diasah walaupun dalam kondisi pembelajaran jarak jauh. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dikembangkan agar siswa memiliki kecakapan itu apabila guru mampu mengembangkan pembelajaran berbasis proyek. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk menambah pengetahuan guru dalam proses mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan menarik di massa pandemi Covid-19. Kegiatan pelatihan dan pendampingan pembelajaran berbasis proyek ini diharapkan mampu memberikan gambaran bagi guru di sekolah mitra dalam merancang kegiatan pembelajaran berbasis proyek dan penerapannya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan metode observasi, diskusi dan simulasi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan antusiasme guru yang sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Guru merasa mendapatkan wawasan dan pengetahuan dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek di kelas. Dalam kegiatan pendampingan guru telah berhasil membuat rancangan pembelajaran berbasis proyek dan mencoba menerapkan ke dalam pembelajaran di kelas. Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan mengadakan kegiatan yang sama secara berkala dan pendampingan untuk memaksimalkan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran proyek sehingga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif.
References
Apandi, Idris. 2018. Mewujudkan Pembelajaran Abad 21 dan HOTS melalui Penguatan Ketrampilan Proses Guru dalam PBM. Diambil 22 Februari 2021.
https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5b8e7fcd12ae9436241aabf5/me wujudkam-pembelajaran-abad-21-dan-hots-melalui-penguatan- keterampilan-proses-guru-dalam-pbm?page=all
Dhawan, S. 2020. Online learning: A panaceainthelmeof Covid-19 crisis. Journal of Educational Technology System, 49(1), 5-22
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar . Jakarta
Nurohman S, (2007). Pendekatan project base learning sebagai upaya internalisasi scientific method bagi mahasiswa calon guru fisika http:/staff.uny.ac.id (20 Oktober 2015)
Sani, Ridwan A., 2014. Pembelajaran Saintifik untuk implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Sutrio et.al, 2018. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Eksperimen Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 4, No.1
Sutrio et.al, 2021. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Eksperimen Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Penguasaan Scientific Method calon Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 6, No. 1
Viller, Andrew. 2016. The 21st Century Learner & Project base Learning. Diambil
Februari 2021 dari
https://prezi.com/ky_fz_eah7rd/steps-for-project- based-learning/