Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Microsoft Powerpoint di MA Attamimy Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.147Abstract
Madrasah Aliyah (MA) Attamimy adalah yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Attamimy. MA Attamimy ini memiliki visi dan misi untuk melahirkan manusia-manusia yang berimtaq, berakhlak mulia, serta mampu bersaing menghadapi tantangan zaman global. Pada dasarnya, MA Attamimy ini telah memilki fasilitas komputer beserta akses internet yang cukup memadai, namun penggunaannya belum digunakan secara maksimal. Masalah lain yang juga terjadi adalah munculnya istilah mathematics phobia di kalangan siswa di MA Attamimy. Beberapa kesan negatif mengenai ilmu sains dan matematika ini mengharuskan penyampaian materi dan proses pembelajaran di kelas harus dikemas semenarik mungkin. Tujuan dilakukannya kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah dalam rangka pemanfaatan internet dan Microsoft PowerPoint dalam membuat media pembelajaran yang interaktif. Berdasarkan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan di MA Attamimy, perlu untuk dilakukan kegiatan lanjutan sebagai bentuk kesinambungan kegiatan. Microsoft PowerPoint sendiri telah dimanfaatkan dalam membuat media pembelajaran interaktif oleh peserta kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, hanya saja perlu ditingkatkan pemanfaatan fitur-fitur, salah satunya fitur hyperlink, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
References
Fazar, Ibnu. 2015. Pemanfaatan Aplikasi Geogebra dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA), Palembang.
Kaliky, Pahrul Idham. 2013. Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Pattimura, Ambon. Jurnal Komunikasi KAREBA 2(1): 110 – 120.
Kassim, Zahiah Binti dan Ahmad, Abdul Razaq Bin. 2010. E-Pembelajaran: Evolusi Internet dalam Pembelajaran Sepanjang Hayat. Proceedings of Regional Conference on Knowledge Integration in ICT 2010.
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, 2012, Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.
Okafor, Chinyere F. and Anaduaka, Uche S. 2013. Nigerian School Children and Mathematics Phobia: How the Mathematics Teacher Can Help. American Journal of Educational Research, 2013, 1(7): 247 – 251.