Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa SMA Masuk Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM Melalui Pengenalan Praktikum Kimia Sederhana di SMAN 1 Pringgarata

Authors

  • Eka Junaidi
  • Aliefman Hakim
  • Saprizal Hadisaputra
  • Lalu Rudyat Telly Savalas

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.14

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk Meningkatkan Motivasi Siswa SMA Masuk Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unram melalui pendekatan pengenalan Praktikum Kimia Sederhana. Kegiatan ini dilaksanakan  di SMAN 1 Pringgarata. Melalui kegiatan ini diharapkan anggapan siswa pada mata pelajaran kimia yang termasuk pelajaran yang sulit, membosankan, menakutkan dan sebagainya secara perlahan dapat dikurangi dengan demikian motivasi siswa masuk program studi pendidikan kimia FKIP Unram dapat ditingkatkan. Adapun Metode pelaksanaan pengabdian yang lakukan pada pengabdian ini melalui serangkaian kegiatan di SMAN 1 Priggarata, diantaranya :1).Sosialisasi (ceramah dan diskusi) pentingnya Pelaksanaan kegiatan Praktikum, 2). Mendemostrasikan contoh praktikum sederhana menggunakan alat dan bahan praktikum sederhana yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 29 Oktober 2019, yang diikuti oleh Siswa SMAN 1 Pringgarata Kab. Lombok Tengah yang terdiri atas perwakilan kelas XII IPA 1, Kelas XII IPA 2 dan kelas XII IPA 3 dengan total peserta sebanyak 47 orang (dari 50 siswa yang diundang).Secara keseluruhan kegiatan ini dikatakan berhasil (kehadiran peserta mencapai 94%). Dalam pelaksanaan kegiatan ini terlihat sikap antusias yang ditunjukkan siswa dalam mengikuti setiap tahapan kegiatan yang dilakukan terutama saat kegiatan tanya jawab interaktif pengenalan alat praktikum sederhana, demonstrasi praktikum sederhana. Dengan demikian harapan dan tujuan dari kegiatan pengabdian di SMAN 1 Pringgarata Kab. Lombok Tengah ini dapat dikatakan tercapai. 

References

Adijuwana Hendra, 1992, Manajemen Laboratorium, Istitut Pertanian Bogor, Bogor.

Budiono Djoko, 1992, Pengantar Kegiatan Laboratorium Biologi, University Press IKIP Surabaya.

Mulyono, 2006, Membuat Reagen Kimia, Bumi Aksara, Jakarta.

John W. Hansen & Gerald G. L.. (2004). Developing technology teachers : questioning the industrial tool use model. Journal of Technology Education. 15 (2), 20 – 32.

Padmawinata Djupri, dkk., 1983, Pengelolaan Laboratorium IPA, Dirjen Dikti, Jakarta.

Sudarmadji Slamet, dkk., 1984, Prosedur Analisa untuk Bahan Makanan dan Pertanian, Liberty, Yogyakarta.

Tim, 2002, Pedoman Standar Minimal Pendayagunaan Peralatan Laboratorium Kimia, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Jakarta.

Tim, 2004, Penanganan Bahan – bahan Kimia Berbahaya dan Beracun Serta keselamatan Kerja, Pusat Penelitian Kimia, Bandung.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Junaidi, E., Hakim, A., Hadisaputra, S., & Savalas, L. R. T. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa SMA Masuk Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM Melalui Pengenalan Praktikum Kimia Sederhana di SMAN 1 Pringgarata. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 2(1), 40–43. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.14

Issue

Section

Articles