Sosialisasi Prinsip Green Chemistry untuk Meningkatkan Kesadaran Akan Bahaya Limbah Kimia Terhadap Lingkungan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM

Authors

  • Syarifa Wahidah Al Idrus Univesritas Mataram
  • Mutiah Mutiah
  • Rahmawati Rahmawati
  • Eka Junaedi
  • Yuita Arian Sani Anwar

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.135

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang prinsip green chemistry pada mahasiswa prodi kimia FKIP UNRAM. Pelaksanaan dilakukan secara online karena kondisi pandemi. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mahasiswa calon guru kimia tentang bahaya dan usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi limbah kimia. Kegiatan ini diawali dengan pemberian pertanyaan tentang pengetahuan awal green chemistry. Langkah selanjutnya pemberian  materi tentang prinsip, manfaat dan aplikasi green chemistry pada kehidupan sehari hari. Selanjutnya peserta diminta memodifikai panduan praktikum yang ada menjadi  panduan praktikum berbasis green chemistry. Kemampuan awal peserta tentang green chemistry beragam, peserta yang berasal dari semester yang lebih tinggi sebagian besar pernah membaca tentang green chemistry. Peserta yang berada pada semester V dan VII memberikan hasil yang lebih baik daipada peserta semester I dan III dalam hal memodifikasi panduan praktikum berbasis green chemistry.  Hasil kegiatan menunjukkan antusias mahasiswa sangat tinggi dalam melaksanakan semua tahapan kegiatan. Mereka berharap sebagai calon guru mereka dibekali dengan workshop untuk membuat panduan praktikum berbasis green chemistry. Berdasarkan hasil evaluasi akhir, peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

 

Kata kunci: Sosialiasai, Prinsip Green Chemistry, Limbah Kimia, Lingkungan

References

Al Idrus, S.W, Purwoko, AA, Hadisaputra, S dan Junaedi, E (2020). Analisis Kemampuan Awal Konsep Green Chemistry Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa Dalam Praktikum Kimia Lingkungan. J. Pijar MIPA, Vol. 15 No.3

Anastas, P. T., Kirchhoff, M. M., & Williamson, T. C. (2001). Catalysis as a foundational pillar of green chemistry. Applied Catalysis A: General, 221(1-2).

Astute, A.P.(2015). Penerapan pendekatan konstruktiisme berorientasi green chemistry untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar kimia SMA. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 2. No.2. 54

Aubrecht, K. B., Padwa, L., Shen, X., & Bazargan, G. (2015). Development and Implementation of A Series of Laboratory Field Trips for Advanced High School Students to Connect Chemistry to Sustainability. Journal of Chemical Education, 92(4), 631-637.

Burmeister, M., Rauch, F., & Eilks, I. (2012). Education for Sustainable Development (ESD) and chemistry education. Chemistry Education Research and Practice, 13(2), 59- 68

Haack J.A., Hutchison, J.E., Kirchoff, M.M., & Levy, I.J. (2005). Going green: Lecture assignments and lab experiences for the college curriculum. Journal of Chemical Education, 82(7), 974-976.

Karpudewan, M., Roth, W. M., & Ismail, Z. (2015). The effects of “Green Chemistry†on secondary school students’ understanding and motivation. The Asia-Pacific Education Researcher, 24(1), 35-43.

Santoso, Soegeng. (2007). Kiat dan Strategi Menulis Karya Ilmiah. Universitas Negeri Jakarta. Makalah disampaikan pada pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Dosen-dosen PPSD FIP UNY.

Sudarmin (2013), kemampuan generic sains kesadaran tentang skala sebagai wahana mengembangkan praktikum kimia organic berbasis green chemistry. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran. Vol. 20. No. 1,18-20.

Downloads

Published

2021-12-29

How to Cite

Al Idrus, S. W., Mutiah, M., Rahmawati, R., Junaedi, E., & Anwar, Y. A. S. (2021). Sosialisasi Prinsip Green Chemistry untuk Meningkatkan Kesadaran Akan Bahaya Limbah Kimia Terhadap Lingkungan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 3(2), 127–133. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.135

Issue

Section

Articles