Pelatihan Kepenulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.130Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa karena merupakan salah salu syarat kelulusan dan memperoleh gelar sarjana. Namun berdasarkan hasil studi pendahuluan memperlihatkan bahwa keterampilan mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah masih sangat rendah. Selain itu, sebagian besar mahasiswa juga tidak pernah mempublikasikan hasil karya tulis mereka pada pada jurnal-jurnal nasional ataupun internasional. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan kepenulisan dan publikasi ilmiah bagi mahasiswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang dunia kepenulisan dan publikasi serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis karya tulis ilmiah. Peserta pelatihan terdiri dari 73 mahasiswa calon guru fisika di Universitas Mataram. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan metode klasikal dan non-klasikal. Metode klasikal dilakukan dengan ceramah, diskusi, dan tanya jawab yang bertujuan untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang dunia kepenulisan dan publikasi artikel ilmiah. Setelah itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan metode non-klasikal dalam bentuk pendampingan (coaching clinic) menulis artikel ilmiah bagi mahasiswa. Kegiatan pendampingan bertujuan untuk memberi pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk menilis karya tulis ilmiah dengan harapan untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Secara umum seluruh kegiatan pelatihan ini dilakukan secara daring (online) dengan menggunakan paltform zoom meeting. Luaran dari kegiatan ini yaitu dihasilkan 5 artikel ilmiah dari 15 mahasiswa yang sudah disesuaiakan dengan beberapa template jurnal tujuan masing-masing peserta.Â
References
Heriyudanta, M., 2021. Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia: Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1 (1), 61-71
Nagari, M.F., Wikanengsih, & Nugraha, V., (2020) Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (5), 747-753.
Pardjono, Nuchron, Surono, & Ramdani, S.D., 2017. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Produktivitas Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa Pps UNY Pada Jurnal Internasional Terindeks. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2, (2), 139-147:
Widodo, A., Jaelani, A.K., Novitasari, S., Sutisna, D., & Erfan, M., 2020. Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram, Jurnal DIDIKA Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6 (1), 77-91.