Analisis Hasil Sosialisasi Bahaya Perundungan dan Pencegahannya di SMA Negeri 1 Terare Kabupaten Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v7i1.1155Abstract
Perundungan merupakan masalah serius di lingkungan sekolah yang dapat berdampak negatif pada siswa. Program sosialisasi merupakan salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui hasil program sosialisasi bahaya perundungan dan pencegahannya di SMA Negeri 1 Terare. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah dan diskusi, dengan pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil sosialisasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terkait perundungan setelah mengikuti sosialisasi. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan program, seperti kurangnya partisipasi aktif dari beberapa siswa. Disimpulkan bahwa program sosialisasi dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang perundungan. Program sosialisasi ini direkomendasikan sebagai salah satu upaya pencegahan perundungan di sekolah
References
Almira, N. S., dan Marheni, A. 2021. Analisis Fenomenologis Interpretatif tentang Definisi Bullying dan Harga Diri bagi Korban Bullying. Jurnal Psikologi Integratif 9(2) https://doi.org/10.14421/jpsi.v9i2.2211
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Faradillah, A., & Leonard, D. (2020). Efektivitas program anti bullying di sekolah dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 7(1), 45-54.
Hidayati, R., & Utami, M. S. (2017). Peran guru dalam mencegah perundungan di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(2), 123-135.
Komnas HAM. (2016). Laporan studi tentang perundungan di sekolah. Komnas HAM.
https://www.unicef.org/parenting/child-care/bullying
Listiani, T., & Suwartono, C. (2019). Pengaruh pelatihan keterampilan sosial terhadap perilaku bullying pada siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 34-42.
Saputra, R.D.Y., & Kartika, A. (2021). Efektivitas Media Video Animasi dalam Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 23-32.
Setiawan, M. A., & Saputra, W. (2021). Studi kasus tentang pengalaman siswa sebagai korban bullying di sekolah menengah. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 1-10.
Sudjana, N. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Wahyudi. 2015. Analisi Hasil Belajar Mahasiswa pada Pokok Bahasan Hukum Ohm dann Kirchoof dalam Matakuliah Elektronika Dasar 1. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi,1(2) 129-134
DOI: 10.29303/jpft.v1i2.248
Yuliana, N., & Sunaryo, H. (2018). Pengembangan model pencegahan bullying berbasis sekolah di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 18(2), 101-110.