Simulasi Mitigasi Bencana Gempabumi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i1.112Abstract
Gempabumi terjadi tiba-tiba, kapan dan dimana saja. Gempabumi juga dapatt terjadi di sekolah saat proses pembelajaran di kelas. Peserta didik harus dibekali pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam melakukan mitigasi dalam hal penyelamatan diri bila terjadi gempabumi saat mereka belajar. Kegiatan pengabdian berupa simulasi mitigasi bencana gempabumi di sekolah bertujuan memberikan contoh nyata langkah-langkah yang harus dilakukan oleh peserta didik bila gempabumi terjadi saat belajar di kelas. SD Negeri 6 Mataram dipilih sebagai tempat simulasi karena sekolah ini sangat terdampak pada saat gempa Lombok tahun 2018.  Langkah-langkah yang dipraktekkan pada kegiatan simulasi ini adalah lindungilah kepala, menjauhi dari kaca, masuk kolong meja, Saat gempa mereda lari ke tempat terbuka dan jangan lupa bawa tas siaga. Simulasi ini dilakukan secara berulang supaya menjadi perilaku pada peserta didik saat terjadi gempabumi di sekolah. Hasil kegiatan pengabdian berupa simulasi mitigasi bencana gempabumi di sekolah adalah peserta didik mendapatkan pengetahuan, keterampilan dalam melakukan langkah-langkah penyelamatan diri bila terjadi gempabumi di sekolah. Sangat diharapkan akan menjadi perilaku peserta didik dalam mitigasi bencana gempabumi.
References
Ayub, S. Kosim. Gunada. 2019. Tsunami. Gunung Sari West Lombok : Arga Puji
Diposaptono S. 2005. Tsunami Mitigation Technology. Jakarta: Republic of Indonesia Maritime and Fisheries Agency Tsunami Mitigation Training Material.
Djamarah. 2005. Teachers and Students in Educative Interaction, A Psychological Theoretical Approach. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, M. 2013. Teaching and Learning Model Models of Methodical and Pragmatic Issues. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamidah, Gunawan, & Muhammad Taufik. “Effect of Media Assisted Discovery Learning Model on Physics Learning Outcomes of Class XI Students of SMA N 1 Kediri Academic Year 2017/2018â€. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. 4 No. 1, h. 78-86, Juni 2018.
Ibrahim. Muslimin. 2000. Problem Based Learning. Surabaya: University Press.
Ivers, Baron. 2002. Multimedia Projects in Education Designing Producing and Assesing. New York: John Willey & Sons.
Klinger, Walter. 1997. Survey of Teaching Methods in Natural Sciences Erziehungswiss. Fakultat der Universtat: Erlangen-Nurnbe.
Muryani, A.D., & Rochmawati. 2016. “Differences in Student Learning Outcomes Using Assisted Discovery Learning Learning Models and Without Assistance to Student Worksheetsâ€. Jurnal Pendidikan Ekonomi , Vol. 1 No.1, h. 7-13, Maret 2016.
Suprapto S. 2002. Flood Disaster, Material for Disaster Power Training. Yogyakarta : PSBA UGM.
Ramdhani A. 2005. Optimization of Physics Learning with the Use of Science Kits at SMP N 6 Mataram. Mataram: Press Unram,.