Pendampingan Perancangan Pembelajaran Bahasa Inggris SMK di Masa dan Pasca-Pandemi Covid 19: Integrasi TLC Model dalam Google Classroom
DOI:
https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i1.106Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam perancangan pembelajaran di masa dan pasca pandemic COVID 19 dengan kegiatan pendampingan dan workshop pengembangan pembelajaran bauran (Blended Learning) menggunakan platform Google Classroom dipadukan dengan model pembelajaran Teaching Learning Cycles (TLC). Kegiatan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu dengan daring (online) dengan mengembangkan bahan pelatihan melalui Google Classroom dan secara luring dengan tatap muka di sekolah. Khalayak sasaran strategis dari kegiatan ini adalah 15 orang guru Bahasa Inggris SMK yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMK Kota Mataram dan 2 mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNRAM dan dipandu oleh tim pelakasana kegiatan PKM. Hasil dari kegiatan ini antara lain (1) khalayak sasaran telah mampu mengembangkan akun Google Classroom untuk mata pelajaran yang diampu dan mengembangkan Google Forms untuk kebutuhan tes online; (2) khalayak sasaran telah memiliki penegtahuan tentang teknik pembuatan video dengan menggunakan slideshow dan screen cast o matic, pengembangan game-game pembelajaran Bahasa Inggris, perancangan Bahasa Inggris dengan model Teaching Learning Cycles (TLC), dan cara mengintegrasikan Google Meet dan Google Forms ke dalam Google Classroom.
kata kunci :Â Blended Learning, TLC, Google Classroom, Bahasa Inggris, SMK
References
Basturkmen, H. (2010) Developing Courses in English for Specific Purposes. McMillan: Palgrave.
Bell, K. (2015) The Teacher’s Guide to Google Classroom. Texas: Shake Up Learnig, LLC
Belmawa (2018) Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Belmawa Kemenristekdikti.
Brown, J. D. (2016). Introducing Needs Analysis and English for Specific Purposes. Oxford: Routledge.
Callaghan, M. dan J. Rothery, 1988. Teaching Factual Writing: A Genre-Based Approach. Report of DSP Literacy Project Metropolitan East Region Sydney NSW School, Education Department.
Ditjen GTK (2019) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis Zonasi: Pedoman. Jakarta: Ditjen GTK, Depdikbus,
Fadel, C. (2012). What should students learn in the 21st century? accessed from https://k12.thoughtfullearning.com/FAQ/what-are-21st-century-skills on 24 January 2019
Indrajit, R.E. (2020). Protret Perkuliahan Daring di Masa Covid 19 dalam perspektif literasi digital: Suatu refleksi pengelaman. Dalam T Belawati & Nizam (eds.) Potret Pendidikan Tinggi di Masa Covid 19. (pp, 45-76). Jakarta: Ditjen Dikti Kemdikbud.
Kemdikbud (2017). Model Silabus Mata Pelajaran SMA/MA/SMK: Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kemdikbud
Keeler, A. dan Miller, L. (2015) 50 Things You Can Do with Google Classroom. San Diego, CA: Dave Burgess Consulting, Ltd.
NCREL. (2003) enGauce 21st Century Skills: Lietracy in Digitas Age. Illinois: NCREL & Metiri Group. accessed on 23 January 2019 from file:///Revolusi%20Industri%204.0%20dan%2021%20Century%20Learning/engauge21st.pdf
Singh, H. and Reed, C. (2001) A White Paper: Achieving Success with Blended Learning. Available online at www.p2paertner.co.uk
Sujana, I M. (2003) Establishing English Competencies for Students of Tourism Department University of Mataram: A Proposal. A paper presented at NUESP National Conference, Universitas Jember, 4-5 Agustus 2003.
Sujana, I. M., Fitriana, E., & Syahrial, E. (2016). Conflicts among Aspects of Needs in Designing the Teaching of English using an ESP Approach at Higher Education in Indonesia. In M. M. Rahman, Integrating Technology and Culture: Strategies and Innovation in ELT (pp. 171-205). Jaipur , India: YKing Books.
Sujana, I M., Waluyo, U., Soepriyanti, H., & Arifuddin (2019). Penerapan Deconstruction-Construction Model dalam Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru-Guru Bahasa Inggris Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 189-196
Widodo, H. P. (2016). Teaching English for Specific Purposes (ESP): English for Vocational Purposes (EVP). In W. A. Renandya & H. P. Widodo (Eds.), English Language Teaching Today: Linking Theory and Practice (pp. 277–291). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-38834-2_19