Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Discovery Learning dan Inquiry Learning untuk Penguatan Ketrampilan Mengajar Guru SMKN 1 Lingsar, Lombok Barat dalam Melaksanakan Kurikulum 2013

Authors

  • Untung Waluyo Universitas Mataram
  • Wildan Wildan Universitas Mataram
  • I Wayan Karta Universitas Mataram
  • Hari Witono Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i1.105

Abstract

Sejalan dengan diberlakukannya Kurikulum tahun 2013 di sekolah di Indonesia, pola pengajaran deduktif (teaching-focused) berubah menjadi pola pengajaran induktif (learning-focused). Tantangan besar yang ditengarai menjadi sandungan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran induktif adalah rendahnya pemahaman dan ketrampilan guru akan model pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, seperti discovery dan inquiry learning. Karena kurangnya informasi tentang model pembelajaran induktif, para guru tak terlatih mengembangkan model-model pembelajaran induktif.  Untuk membekali para guru dengan ketrampilan tersebut, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk workshop di SMKN 1 Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.   Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, diantaranya, adalah membekali keterampilan para guru SMKN 1 Lingsar dengan pengatahuan dan ketrampilan dalam merancang, mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran discovery dan inquiry learning baik secara luring maupun daring; mengenalkan aneka model pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan discovery dan inquiry learning di sekolah target; dan mengembangkan model pembelajaran induktif melalui pemanfaatan Learning Platform sebagai alternative pembelajaran dari rumah di masa pandemi. Metode yang digunakan adalah kegiatan pemecahan masalah, demonstrasi, refleksi dan tanya jawab. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, mengungkap beberapa hasil yang positif, diantaranya seperti: (a) dihasilkannya draft model pembelajaran berbasis discovery dan inquiry learning yang dikembangkan oleh para peserta; (b) munculnya respons positif dari para peserta untuk  memperdalam pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam mengembangkan model pembelajaran induktif; dan (c) dari kegiatan curah gagasan dan kegiatan pemecahan masalah terungkap inisiatif untuk membuat rencana tindak lanjut pengembangan model pembelajaran  induktif  melalui pemanfaatan Learning Platform yang berbasis daring (online) dan (d) adanya permintaan dari para guru agar kegiatan serupa dilanjutkan di masa mendatang.

 

Keywords: Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik, Discovery Learning, Inquiry Learning.  

References

Ahmad, J. & Mardiana. 2014. “Kurikulum 2013 dalam Persepsi dan Interpretasi Guru-Guru Bahasa Inggris SMA di Kota Makassar†BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Tahun 13, No. ljanuari 2014 73

Azizah, S Widodo, A. & Adriana. I. 2015. Implementasi Pendekatan Scientific dalam Pengajaran Bahasa Inggris Kurikulum 2013 di SMPN 1 Pamekasan. OKARA, Vol. 2, Tahun X, Nopember 2015

Bulan, Arif and Suryaman, Maman. 2018 Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

Gonzales, R., P. 2018. Digital Image Processing (Pemrosesan Citra Digital), Vol. 1, Ed.2, diterjemahkan oleh Handayani, S. Andri Offset: Yogyakarta.

Kristin, F. 2016. “Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDâ€. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Vol, 2 (1). Hal. 80-98

Martaida, T., Bukit, N. & Ginting, E.M. 2017. “The Effect of Discovery Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High Schoolâ€. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). Vol. 7 (6). Hal. 01-8

Rohaeni, N., and Y. Jubaedah (n.d.). Model Desain Kurikulum Pelatihan Profesi Guru Vokasional Berbasis Technological Curriculum. Jurusan PKK, FPTK, UPI.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Rawamangun-Jakarta: Kencana Perdana MediaGroup.

Sukirno, S. 2014. The implementation of curriculum 2013 in the English language teaching and learning at SMP 1 Kajen Pekalongan. S2 thesis, UNY

Waluyo, U, Soepriyanti, H. & Wardana, L.A. 2019. “Studi Eksplorasi Kompetensi Pedagogis Guru Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Lombok Timur dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran berbasis Kurikulum 2013â€. Laporan Penelitian Universitas tahun 2019.

Winingsih, L.H. 2016. “Peran Pemerintah Daerah Dalam Implementasi Kurikulum 2013â€. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1(1). Hal. 37-57

Zendrato, J. 2016. “Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas: Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakartaâ€. Scholaria, Vol. 6 No. 2, Mei 2016: 58 – 73

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Waluyo, U., Wildan, W., Karta, I. W., & Witono, H. (2021). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Discovery Learning dan Inquiry Learning untuk Penguatan Ketrampilan Mengajar Guru SMKN 1 Lingsar, Lombok Barat dalam Melaksanakan Kurikulum 2013. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia (Indonesian Journal Of Science Community Services), 3(1), 33–38. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i1.105

Issue

Section

Articles