Penerapan Permainan Papan (Math Adventure) Edukatif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas IV
Penulis
Rafiyati , Dadi Setiadi , Deni Tri Agus MahardikaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.702Diterbitkan:
2025-03-02Terbitan:
Vol 6 No 2 (2025): In PressKata Kunci:
Permainan Papan Edukatif, Math Adventure, Pemecahan Masalah, Pembelajaran MatematikaAbstrak
Belajar merupakan proses penting yang melibatkan perubahan perilaku sebagai hasil dari interaksi antara individu dan lingkungannya. Di tingkat sekolah dasar, pembelajaran memainkan peran fundamental dalam membangun dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, serta sikap siswa. Salah satu tantangan terbesar dalam proses pembelajaran adalah menciptakan suasana yang menarik dan mampu memotivasi siswa untuk belajar, terlebih pada mata pelajaran seperti Matematika yang sering kali dipandang sulit dan membosankan. Pembelajaran Matematika sering kali dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga diperlukan metode dan media yang inovatif untuk meningkatkan minat dan partisipasi siswa. Proses pembelajaran yang efektif menuntut keterlibatan aktif siswa dan penggunaan media yang sesuai untuk membantu mereka memahami konsep-konsep yang diajarkan. Dalam hal ini, permainan edukatif dapat menjadi alternatif yang menarik karena menggabungkan elemen belajar dan bermain. Salah satu media yang diterapkan dalam penelitian ini adalah permainan papan edukatif Math Adventure. Media ini dirancang berbentuk jalur petualangan, di mana siswa harus menyelesaikan soal-soal Matematika untuk melanjutkan perjalanan hingga mencapai titik akhir. Pendekatan ini bertujuan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD melalui penerapan media Math Adventure. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini, yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas IV di SDN 16 Mataram. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, serta asesmen formatif dan sumatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Math Adventure meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa secara signifikan. Pada pra-siklus, kemampuan pemecahan masalah siswa rata-rata sebesar 62%, meningkat menjadi 78% pada siklus pertama, dan mencapai 89% pada siklus kedua. Media ini terbukti mampu memotivasi siswa untuk belajar dengan cara yang lebih menarik dan efektif. Dengan demikian, permainan papan edukatif Math Adventure menjadi alternatif media pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.Referensi
Andrijati, N. (2014). Penerapan media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika sekolah dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2).
Ardiawan, I Ketut Ngurah, & Wiradnyana, I Gede Arya. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, dan Publikasinya). Nilacakra.
Artawan, P., Efriani, A., Wahyudi, I., Ariyani, D., Gugule, H., Salem, V. E. T., Messakh, J. J., Djerubu, D., Aprima, D., Hasibuan, L. R., Nuryanti, L., Rohmani, R., Mesra, R., & Santie, Y. D. A. (2023). Media Pembelajaran. PT Mifandi Mandiri Digital.
Dwi, D. F., & Audina, R. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika kelas IV sekolah dasar negeri. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3).
Handika, H., Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implikasinya dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 124–140.
https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/11685
Kartini, K., Syamsuddin, N., Mustafa, M., Pamessangi, A. A., Nurmiati, N., Sukirman, S., Firman, F., Hasriadi, H., & Chaeril, M. (2022). Pelatihan Penerapan Media Inovatif Dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren Putra Dato Sulaeman. Madaniya, 3(4), 737–744. https://www.madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/article/view/272
Kurniawan, Nurhafit. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.
Monalisa, A., Methalia, E., Yanti, Y. A., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK, 4(3).
Nurrahman, M. N., Meisyaroh, S., Sagala, V. S., & Marini, A. (2022). Keefektifan media pembelajaran dalam bentuk permainan papan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 437–446. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4346
O Najoan, R. A., Lala, W. C. I., & Ratunguri, Y. (2023). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 215–227. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/1632
Saksono, H., Khoiri, A., Surani, D., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, U., Ali, H., Adipradipta, A., Ali, M. N., & Aryuni, M. (2023). Teori belajar dan pembelajaran. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Saputra, N., Zanthy, L. S., Gradini, E., Jahring, A., Rif’an, A., & Ardian, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4).
Syakur, A. S., Purnamasari, R., & Kurnia, D. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2). https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/4504
Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (2017). Pengembangan media papan permainan panjat pinang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1344–1350.
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140.
Warsita, B. (2019). Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas. Jurnal Teknodik, 17(4), 092–101. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/581
Yayuk, Erna. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Muhammadiyah Malang.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.