Pemanfaatan Media Papan Catur untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika melalui Asesmen pada Siswa Kelas III
Penulis
Wukufiatul Arafah , Muhammad Tahir , Baiq Ria SucianiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.698Diterbitkan:
2025-02-24Terbitan:
Vol 6 No 2 (2025): In PressKata Kunci:
Media Pembelajaran, Papan Catur, Motivasi Belajar, MatematikaAbstrak
Pembelajaran Matematika di tingkat sekolah dasar memiliki peran yang penting dalam membangun fondasi berpikir kritis, logis, dan sistematis pada peserta didik. Mata pelajaran ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana meningkatkan kemampuan berhitung, tetapi juga sebagai media untuk melatih siswa dalam menganalisis permasalahan serta menemukan solusi yang tepat. Meski demikian, kurangnya motivasi belajar siswa sering kali menjadi tantangan yang signifikan dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan strategi inovatif yang mampu membangkitkan minat serta semangat belajar siswa. Salah satu cara yang efektif adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan media papan catur sebagai sarana pembelajaran yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas 3 di SDN 31 Mataram dengan jumlah peserta sebanyak 17 orang. Penelitian ini menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, implementasi, observasi, refleksi, asesmen formatif, dan asesmen sumatif untuk menilai peningkatan motivasi dan pemahaman siswa secara berkala. Data penelitian diperoleh melalui observasi langsung, wawancara terstruktur, penyebaran angket, asesmen formatif, dan latihan soal sebagai asesmen sumatif yang mengukur pencapaian pembelajaran siswa. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya lonjakan signifikan dalam motivasi belajar siswa. Pada tahap pra-siklus, motivasi siswa tercatat sebesar 55%, meningkat menjadi 77% setelah siklus pertama, dan mencapai angka 87% pada siklus kedua. Peningkatan ini merupakan hasil dari penggunaan media papan catur yang berhasil menciptakan suasana belajar yang lebih atraktif, komunikatif, serta mendorong keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil asesmen sumatif berupa latihan soal menunjukkan adanya peningkatan pemahaman Matematika siswa setelah setiap siklus. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media papan catur memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar siswa, yang terukur melalui asesmen formatif dan sumatif yang dilakukan pada setiap siklus. Pendekatan ini dapat dijadikan model pembelajaran alternatif yang inovatif untuk menciptakan suasana belajar Matematika yang lebih menyenangkan dan interaktif di tingkat sekolah dasar.Referensi
Anugrah, M. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pustaka Belajar.
Arsyad Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asnawir, Basyiruddin, & Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat.
Badarudin, A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Jakarta: PT Grasindo.
Fajrin, P., Zamsir, & La Masi. (2015). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Lawa. Neliti: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).
Fitriania, A., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Yulandra, R., & Ferdiyansyah, A. (2024). Pelaksanaan asesmen sumatif akhir berbasis presentasi di kelas VI SD Yayasan Hippindo Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 735–741.
Hidayah, N., Masruchah, S., & Hidayati, N. (2018). Analisis pelaksanaan asesmen perkembangan anak sekolah dasar kelas 5. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Universitas Negeri Malang, 1(1), 123-130. Diakses dari
Hudoyo, Herman. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Indriani, A. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa kelas V terhadap prestasi belajar matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2). Universitas PGRI Madiun. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/848
Lestari, Y. P., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Penerapan PBL (Problem Based Learning) berbantuan media papan catur untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 4(1), 53–62.
Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 6(1), 5328–5339.
Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/63
Rahmawati, E., Harahap, N. B., Maswariyah, Agara, L. R., & Wandini, R. R. (2022). Pentingnya media pembelajaran untuk memotivasi siswa SDN Muarasitulen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14114–14120. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4675
Romadhoni, R. D., & Hasanudin, C. (2023). Peran matematika dalam perkembangan teknologi di era digital. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1).
Sarjiman, P. (2009). Implementasi teori belajar dalam pendidikan matematika sekolah dasar. Dinamika Pendidikan, 16(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/4116
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Suyatno, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Malang: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/4119/.
Warti, E. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.