Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII H SMPN 6 Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024
Penulis
Yunita Fitri , Samaratus Sadri , Syahrul AzmiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.682Diterbitkan:
2025-02-20Terbitan:
Vol 6 No 2 (2025): In PressKata Kunci:
model pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), aktivitas belajar, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 6 Mataram tahun pelajaran 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H SMP Negeri 6 Mataram tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 40 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dengan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian in yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan rata-rata aktivitas belajar peserta didik yang diperoleh dari hasil observasi yaitu pada siklus I 60%, siklus II 73% dan siklus III 84%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal siklus I 50%, siklus II 70% dan siklus III 82,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik.Referensi
Amalia, L., Astuti, D. A., Istiqomah, N. J., & Alafsari, B. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Semarang: Cahaya Ghani.
Arifin, Z. (2020). Teori Perkembangan Sosial Anak dan Pengaruhnya Bagi Pendidikan. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 119–132. doi: https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5464
Harjali. (2019). Penataan Lingkungan Belajar: Strategi Untuk Guru dan Sekolah. Malang: CV Seribu Bintang.
Herawati, E. L. (2022). Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP S. Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019 / 2020. JPPP: Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 117–125. doi: https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.7092
Inayati, M., & Mulyadi. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran Materi Fikih Madrasah Aliyah. PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 3(1), 16–27. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.57251/ped.v3i1.946
Julianto, I. N. L., Cahyadi, I. W. A. E., & Artawan, C. A. (2019). Interaktivitas Warna Sebagai Rangsang Visual Pada Ruang Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas 1 – 3 Di Kota Denpasar (Color Interactivity as Visual Stimulation in the Study Room of Grade 1-3 of Elementary Students in Denpasar City. Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya Dan Desain, 56–64. doi: https://eproceeding.isidps.ac.id/index.php/sandyakala/article/download/39/33/
Kemendikbud. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan , Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Konitah, N., Prabowo, A., & Ramadhani, D. S. A. (2024). Penerapan Model TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IIB SD Negeri Pakel. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 4(2), 43–54. doi: https://doi.org/10.51878/teacher.v4i2.3197
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119–125. doi: https://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112
Lestari, H., & Kuryani, T. (2023). Buku Ajar Mata Kuliah Inti Prinsip Pengajaran dan Asesmen I. Jakarta: Kementerian Pen didikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Lie, A. (2014). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. doi: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526
Mu’in. (2024). Langkah Tepat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Pembelajaran. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Nahak, T. C. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malaka Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau), 2(1), 204–214. doi: https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.267
Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., Latif, N., Prihastari, E. B., Aini, K., Zakaria, & Hidayati. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: CV. Pradina Pustaka.
Pertiwi, L. M. C., Purnamasari, I., & Wahyuni, D. S. (2023). Penerapan Model Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 4 SDN Ngempon 02. Prosiding Seminar Nasional PPG UPGRIS, 1(1), 584-592.
Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044–1051. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.503
Setianingsih, D., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 8 Surabaya. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 24–37. doi: https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.75
Siregar, S. U., Nazilah, R., Hasibuan, R., Julyanti, E., Siregar, M., & Junita. (2021). Manajemen Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Pada SMA Labuhanbatu. Jurnal Education and Devlopment Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(2), 285–290. doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.589
Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. PRISMA, 9(1), 1–9. doi: https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.798
Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tpurnament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.589
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.