Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik
Penulis
Nuhidayatullael , Muhammad Zuhdi , Ahmad Harjono , Muhammad TaufikDOI:
10.29303/goescienceed.v6i2.674Diterbitkan:
2025-05-17Terbitan:
Vol 6 No 2 (2025): MayKata Kunci:
Discovery Learning, Hasil belajar, PengukuranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik di MAN 1 Lombok Tengah. Penelitian menggunakan metode quasi-experimental dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 60 peserta didik kelas X yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol dengan teknik penentuan sampel cluster random sampling. Model Discovery Learning diterapkan di kelas eksperimen, sementara kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen berupa 15 soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 51,36 dan kelas kontrol 50,70. Setelah penerapan Discovery Learning, hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata kelas eksperimen mencapai 73,50, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 65,50. Uji statistik t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelas (thitung=1,97 > ttabel=1,69). Model Discovery Learning terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan mendorong mereka untuk aktif, kritis, dan kreatif melalui eksplorasi dan investigasi mandiri. Selain itu, pembelajaran ini juga berdampak positif pada aspek afektif dan psikomotorik peserta didik. Dengan sintaks seperti stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi, model ini membantu peserta didik memahami konsep fisika secara mendalam dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.Referensi
Abadi, M., Wahyudi, W., Kosim, K., & Doyan, A. (2024). Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 3086-3092.
Agustina, M., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengaruh implementasi media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar pada materi hukum newton tentang gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika.
Ariani, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada materi kalor di SMP (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Cikka, H. (2020). Konsep-konsep esensial dari teori dan model perencanaan dalam pembangunan pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2).
Febriani, S., Taufik, M., & Verawati, N. N. S. P. (2019). Pengaruh model guided Discovery Learning dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika peserta didik MAN 1 Mataram ditinjau dari gaya belajar VAK. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 82-90.
Fitri. A. 2018. Implementation Of Discovery Learning Model To Improve Student’s Mathematics LearningAchievement At Class Xi Science 2 Sma Negeri 1 Tempuling. Jurnal Jom Fkip – Ur Volume 6 Edisi 1 Januari – Juni 2019.
Fitri, M., & Derlina, D. (2015). Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika.
Handayani, Putri, Murniati dan Sardianto M. S. (2015). Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan Menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika.
Hikmawati. (2016). Strategi Pembelajaran Fisika. Mataram: Universitas Mataram.
Hilmi, N., Harjono, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery dengan pendekatan saintifik dan keterampilan proses terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2).
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor:Ghalia Indonesia.
I. S. Putri, R. Juliani, I. N. Lestari (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa.
Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 33-39.
Nurhidayati, N., Zuhdi, M., Susilawati, S., & Hikmawati, H. (2024). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Alat Optik. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.
Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning berbantuan laboratorium virtual pada penguasaan konsep fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.
Simatupang, J. M., & Simamora, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum, impusls dan tumbukan kelas X semester II di SMA N 1 Pancurbatu TP. 2016/2017. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika).
Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17-29.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Pernada Media Grup.
Susanti, D., Anwar, C., Putra, F. G., Netriwati, N., Afandi, K., & Widyawati, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning tipe poe dan aktivitas belajar terhadap kemampuan metakognitif. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika).
Wangi, U. S., Ayub, S., Harjono, A., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2270-2276.
Wati, L., Taufik, M., Kosim, K., & Rokhmat, J. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1032-1042.
Yuliani, H. (2017). Pembelajaran Fisika menggunakan media animasi macromedia flash-MX dan Gambar untuk meningkatkan pemahaman konsep pendidikan fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni.