Efektivitas E-Modul Kimia Lingkungan Berbasis Etnosains Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Lingkungan
Penulis
Syarifah Wahidah Al Idrus , Rahmawati RahmawatiDOI:
10.29303/goescienceed.v5i4.637Diterbitkan:
2024-12-21Terbitan:
Vol 5 No 4 (2024): NovemberAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan e-modul Kimia Lingkungan berbasis etnosains terintegrasi STEM. Sampel penelitian adalah mahasiswa UIN Mataram dengan jumlah 32. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre- eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest Design. Kelompok sampel diberi pretest sebelum perlakuan menggunakan sumber belajar e-modul Kimia Lingkungan berbasis etnosains terintegrasi STEM. Setelah perlakuan, diberikan posttest pada mahasiswa dengan instrumen keterampilan berpikir kritis dan literasi lingkungan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah n-gain. Hasil persentase n-gain keterampilan berpikir kritis adalah 60,01 dengan kriteria sedang dan hasil persentase n-gain literasi lingkungan adalah 71,54 dengan kriteria tinggi. Analisis n-gain untuk masing-masing indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan interpretasi memiliki hasil tertinggi dibandingkan indikator yang lain dengan persentase 70,03. Analisis n-gain untuk masing-masing indikator literasi lingkungan menunjukkanindikator pengetahuan memiliki hasil tertinggi dibandingkan indikator yang lain dengan persentase 73,08. Hasil-hasil analisis yang diperoleh menunjukkan telah terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi lingkungan mahasiswa setelah dilakukan proses belajar menggunakan e-modul Kimia Lingkungan berbasis etnosains terintegrasi STEM.Referensi
Al Idrus, S. W., & Rahmawati, R. (2021). Analisis Kemampuan Awal Literasi Lingkungan Mahasiswa dalam Pembelajaran Kimia Lingkungan. Anwarul, 1(1), 242–253. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.222
Al qahtani, A. S. (2019). The use of Edmodo: Its impact on learning and students’ attitudes toward it. Journal of Information Technology Education: Research, 18, 319–330. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=e095mww&AN=532124&site=ehost-live
Arnila, R., Purwaningsih, S., & Nehru, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) pada Materi FLuida Statis dan FLuida Dinamis Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 551–556. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1216
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43
Granovskiy, B. (2018). Mathematics ( STEM ) Education : An Overview. Congressional Research Service.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Indrawati, M., Qosyim, A., & Sains, K. P. (2017). Keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnosains Pada Materi. E-Journal Unesa Proses, 5(2), 152–158. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/18911
Kane, S. N., Mishra, A., & Dutta, A. K. (2016). Preface: International Conference on Recent Trends in Physics (ICRTP 2016). Journal of Physics: Conference Series, 755(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Nunez, M. B., & Clores, M. A. (2017). CORRESPONDENCE Michael A. Clores. International Journal of Environmental and Science Education, 12(5), 1195–1215. http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
Nuryanti L, siti zubaidah, M. D. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 2006, 155–158
Oktariani, O., Febliza, A., & Fauziah, N. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia sebagai Kesiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 114. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8791
Rusmansyah, Yuanita, L., Ibrahim, M., Isnawati, & Prahani, B. K. (2019). Innovative chemistry learning model: Improving the critical thinking skill and self-efficacy of pre-service chemistry teachers. Journal of Technology and Science Education, 9(1), 59–76. https://doi.org/10.3926/jotse.555
Sari, M. iman, Sudarmin, & Sumarni, W. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2202–2211.
Septiani, D. A., Eka, J., & Agus, A. P. (2019). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Literasi Sains Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Di Universitas Mataram. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram , 2012, 15–19.
Shernoff, D. J., Sinha, S., Bressler, D. M., & Ginsburg, L. (2017). Assessing teacher education and professional development needs for the implementation of integrated approaches to STEM education. International Journal of STEM Education, 4(1)
Sumarni, R. A., & Dwitiyanti, N. (2022). Pengembangan E-modul Kalfis Matlab Gerak Vertikal. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK), 889–894. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/5824
Utari, A. S., Tobari, T., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Full Day School Dan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 120. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3755
Okechukwu, C. A., Souza, K., Davis, K. D., & de Castro, A. B. (2014). Discrimination, harassment, abuse, and bullying in the workplace: Contribution of workplace injustice to occupational health disparities. American Journal of Industrial Medicine, 57(5), 573–586. https://doi.org/10.1002/ajim.22221