Efektivitas Model Project Based Learning Terintegrasi Etno-Stem Dalam Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Fisika
Penulis
Syahrial ADOI:
10.29303/goescienceed.v5i4.622Diterbitkan:
2024-12-17Terbitan:
Vol 5 No 4 (2024): NovemberAbstrak
Revolusi industry 4.0 menuntut tranformasi dalam bidang pendidikan untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan masa depan yang berbasis teknologi. Sikap ilmiah menjadi ciri kompetensi seorang siswa dalam mempelajari sains khususnya fisika, sehingga sikap ilmiah sangat penting untuk diperhatikan guru dalam pembelajaran fisika di sekolah. Pesatnya perkembangan teknologi memunculkan kekhawatiran terhadap budaya sekitar akan terlupakan. Sains dan teknologi diharapkan dapat berjalan beriringan dengan budaya sekitar (Etno-STEM) yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran sehingga tidak akan berpusat pada teknologi semata. Pembelajaran fisika dengan menerapkan model PjBL dengan integrasi Etno-STEM diharapkan dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data dengan lembar observasi dan penyebaran kuesioner berupa angket sikap ilmiah dari 6 (enam) indikator yaitu sikap ingin tahu,berpikir kritis, sikap kreativitas, sikap ketekunan,dan sikap berfikiran terbuka serta kerjasama. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel jenuh sebanyak 37 responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dari hasil uji hipotesis uji t (independent t-test) dan uji N-Gain. Hasil N-Gain menunjukkan nilai 0,62 dengan kriteria sedang dan uji-t menunjukkan nilai sign. < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL terintegrasi Etno-STEM dapat meningkatkan sikap imiah siswa secara signifikan. Hasil analisis yang dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa pembelajaran fisika dengan penerapan model PjBL terintegrasi Etno-STEM melatih sikap ilmiah dengan baik.Referensi
Adil, A. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori dan Praktik (Issue January).
Anggereni, S., Rismawati, & Ashar, H. (2019). Perbandingan Pengetahuan Prosedural Menggunakan Model Discovery Terbimbing dengan Model Inquiry Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 156–161.
Anisa, D. N., Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict, Observe, And Explanation) Dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam, Basa Dan Garam Kelas VII Semester 1 SMP N 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2), 16-23.
Ardianti S.D., Wanabuliandari S., Saptono S., & Alimah S. (2019). A Need Assesment of Edutainment Module with Ethnoscience Approach Oriented To The Love Of The Country. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8 (2): 153-161.
Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1), 1-10.
Erdogan, S. C. (2017). Science Teaching Attitudes And Scientific Attitudes Of Pre-Service Teachers Of Gifted Students. Journal of Education and Practice, 8(6), 164-170
Fuadah, K., Saptasari, M., & Ibrohim, I. (2016). Project Based Learning Bersumber Belajar Potensi Lingkungan Lokal Terhadap Pemahaman Konsep, Keterampilan Ilmiah, Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang, 8(1), 10-16.
Khoiriyah, S., Kurniawan, F. K., Alifteria, F. A., Dulim, A. Y., & Nadi Suprapto. (2021). Performance of History of Physics Course Through a Local Wisdom: “Wayang.” Studies in Philosophy of Science and Education, 2(1), 3–6.
Lestari, G. 2016. Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia Di Tengah Kehidupan SARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. 28(1).
Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 34–45.
Newby, T.J., & Stepich, D.A. (1987). Learning Abstract Concepts: The Use Of Analogies As A Mediational Strategy. Journal of Instructional Development, 10(2), 20-26.
Nurhasnah, N., Azhar, M., Yohandri, Y., & Arsih, F. (2022). Etno-STEM dalam pembelajaran IPA: A Systematic Literature Review. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 147-163.
Oktarian, N. (2019). Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Dengan Model Project Based Learning (PBL) Pada Kelas IX SMP AR-RAUDLAH Jember. Jurnal pembelajaran sains, 3(1).
Panis, I. C., Mukin, M. U. J., & Uran, Y. L. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Alat Musik Tradisional Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 050.
Pathoni, H. (2023). Pengembangan Pembelajaran PjBL Terintegrasi STEM Berbasis Konten Lokal Jambi Untuk Melatih Kemampuan HOTS Mahasiswa. Disertasi. Jambi: Universitas Jambi.
Pitoyo, A.J. and Triwahyudi, H. 2017. Dinamika Perkembangan Etnis Di Indonesia Dalam Konteks Persatuan Negara. Populasi. 25(1),pp. 64–81.
Purwanto, A., Putri, D. H., & Hamdani, D. (2021). Penerapan Project Based Learning Model Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 25-34.
Putra, D. S., Lumbantoruan, A., & Samosir, S. C. (2019). Deskripsi sikap siswa: Adopsi Sikap Ilmiah, Ketertarikan Memperbanyak Waktu Belajar Fisika Dan Ketertarikan Berkarir Di Bidang Fisika. Tarbiyah: jurnal ilmiah kependidikan, 8(2), 91-100.
Rahayu, G. D. S., & Samsudin, A. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Dalam P2M STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 1–7.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa [Project-Based Learning Model, Creativity And Student Learning Outcomes]. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.
Ridha, M. R., Zuhdi, M., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PjBL Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 223–228.
Septiaahmad, L., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130.
Utomo, A. C., Abidin, Z., & Rigiyanti, H. A. (2020). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Sikap Ilmiah Pada Mahasiswa PGSD. Educational Journal of Bhayangkara, 1(1), 1-10.
Wea, K. N., Hau, R. R. H., & Kleruk, E. D. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8).