Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar
Penulis
Hafifah Namira , Febria Ikasari , Feviona Septia Nasti , Fitria Nurfatiah , Fuad Ali Zam-Zam , Hananto Fachru RohmanDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.577Diterbitkan:
2024-01-11Terbitan:
Vol 6 No 1 (2025): In PressKata Kunci:
Implementasi, Teaching at The Right Level (TaRL), Literasi Numerasi, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini mengkaji implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa di SDIT Al-Istiqomah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana guru menerapkan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam pembelajaran dan apakah pendekatan ini dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan analisis deskriptif yang melibatkan 4 orang guru kelas VI sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 17 pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman, dampak dan tantangan dalam penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar guru memahami konsep Teaching at the Right Level (TaRL), namun penerapannya kurang konsisten dan optimal. Pendekatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan digital siswa, namun kesulitan utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman mendalam tentang pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada beberapa guru, dan guru kesulitan menempatkan siswa pada level yang sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini menyarankan perlunya sosialisasi Teaching at the Right Level (TaRL) yang lebih intensif dan penilaian yang lebih tepat untuk mengoptimalkan penerapan pendekatan ini dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.Referensi
Ain, S. dan A. Wulandari. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi Dan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood 6(2):152–58. doi: 10.31004/aulad.v6i2.452.
Aldise, D. (2024). Peran Stakeholder Dalam Reformasi Pendidikan Berbasis Daring Pada Desa 3T Di Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Public Service and Governance Journal. 5 (1) : 258–77. doi: 10.56444/psgj.v5i1.1353.
Annadzili, Muhammad Dwiki, Asep Nursangaji, Umi Kalsum, Universitas Tanjungpura, Informasi Artikel, Aktvitas Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan, Kelas Kolaboratif, and Jurnal Education. (2024). “Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan TaRL Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Education and Development 12(2):129–34.
Arfani, Sri, Sitti Rahma Yunus, and Bhariyah Umr. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Pamboang.”Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran 5 (3) : 21–31.
Dewi, Putri, Kinanti Adara, Fiona Lia, Putri Natasya, and Mitha Mandela. (2024). Profil Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Kelas 8 Smp Di Palembang. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat 3 (3) : 242–52. doi: 10.36636/eduabdimas.v3i3.4435.
Indartiningsih, D., Mariana, N., & Subrata, H. (2023). Perspektıf Glokal Dalam Implementası Teachıng At The Rıght Level(Tarl) Pada Pembelajaran Berdıfrensıası Pada Kurıkulum Merdeka.” Jurnal Elementaria Edukasia 6 (4) : 1984–94. doi: 10.31949/jee.v6i4.7547.
Lase, Fatiani. (2020). Peran Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Educativo: Jurnal Pendidikan 1 (1) : 149–57. doi: 10.56248/educativo.v1i1.22.
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TarlModel PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline 1 (6) : 620–27.
Listyaningsih, Erna, Nursiwi Nugraheni, and Ira Budi Yuliasih. (2023). Peningkatan Hasil Belajar (Erna Listyaningsih Dkk.) | 620 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline. 1 (6). doi: 10.5281/zenodo.8139269.
Mangesthi, Veronika Priella, Rina Dwi Setyawati, and Noor Miyono. (2023). Pengaruh Pendekatan TaRL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB Di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7 (2) : 19097–104.
Muammar, Muammar, and Megawati Megawati. (2023). Reinforcement Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Membaca Permulaan Siswa Melalui Pendekatan Teaching at the Right Level Di Sekolah Dasar. Jurnal Participative: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 3 (1) : 36–51. doi: 10.55099/participative.v3i1.73.
Nastiti, Meliya Dwi, and Aris Naeni Dwiyanti. (2022). Kajian Literatur: Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4.q 04 (11): 126–33.
Ningrum, Mardhiyanti., Maghfiroh. (2023). E-ISSN: 2656-7121. JOURNAL OF ISLAMIC ELEMENTARY EDUCATION 5(3) : 85–100. doi: https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513.
Nursyifa Ana, and Masyithoh Siti. (2023). Analisis Hubungan Literasi Numerasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan. 8 (1) : 22–29.
Putri, Helena Anggraeni, and Deny Hadi Siswanto. (2024). Teaching at The Right Level (TaRL) as an Implementation of New Education Concepts in the Insights of Ki Hajar Dewantara. Indonesian Journal of Educational Science and Technology 3 (2) : 89–100. doi: 10.55927/nurture.v3i2.9297.
Rahmwati, Alfi Nurlaili. (2022) . Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Vol. 4.
Ripaldo Pandiangan, and Asrin Lubis. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 3(1):322–34. doi: 10.55606/jurrimipa.v3i1.2518.
Sanisah, S., Edi., & Darmutika, L. A., Arif. (2023). Pendampingan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at The Righat Level) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Murid. JCES: Jurnal of Character Education Society 6 (2) : 440–53.
Suharyani., Suarti N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran 8 (2) : 470. doi: 10.33394/jtp.v8i2.7590.
Sukma, R. I. M., H. Purwati, and Muhtarom & Rochmah, A. (2024). Analisis Pembelajaran Dengan Pendekatan TARL Pada Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X MPLB 2 Di SMK N 2 Semarang. Journal on Education 06(04):22510–15.
Sutrimo, M. S., Sajdah, S. N., Y. V. F. &. Sinambela, and R. Bagas. (2024). Peningkatan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran Dan Hubungannya Dengan Kemampuan Self-Efficacy: Systematic Literatur Review.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 7 (1) : 61–72. doi: 10.22460/jpmi.v7i1.21650.
Ulfah, Amaliyah, Laila Fatmawati, Ragil Dian Purnama, Fendy Yogha Pratama, and M. Tolkhah Adityas. (2023). TaRL-Based Differentiated Learning Model Training for Primary School Teachers in Independent Curriculum Implementation. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 6(3):348–56. doi: 10.20961/shes.v6i3.82370.
Wulandari, Ika Septiani, Henry Januar, Azri Setyo Rini, Arfilia Wijayanti. (2024). “Penerapan Pendekatan TaRL Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Kelas II Pembelajaran Matematika.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4(4):9529–38.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.