Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Interaktif Berbasis Android Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas
Penulis
Muhammad Zamroni Uska , Rasyid Hardi Wirasasmita , Yosi Nur Kholisho , Nurul Winda SakinahDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.536Diterbitkan:
2025-01-10Terbitan:
Vol 6 No 1 (2025): In PressKata Kunci:
Media Pembelajaran, Interaktif, Respon Siswa, InformatikaAbstrak
Pada era digital, kebutuhan akan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi semakin meningkat, terutama pada mata pelajaran Informatika yang memerlukan pendekatan visual dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Informatika kelas 12 di MAN 1 Lombok Timur, yang diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas 12 MAN 1 Lombok Timur. Hasil temuan kami berupa aplikasi pembelajaran interaktif berbasis android yang dinilai sangat layak oleh ahli materi (85%) dan ahli media (92%). Selain itu, respon siswa terhadap media ini menunjukkan hasil positif dengan persentase kepuasan sebesar 94%. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dan layak sebagai media pembelajaran Informatika berbasis android untuk siswa kelas 12.Referensi
Fahrul, H. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar dan Pengetahuan Peserta Didik: Penerapan Mobile Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 297–316.
Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk siswa kelas x pada mata pelajaran sistem operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24–33.
Hasanah, F. N., Taurusta, C., Untari, R. S., Hidayah, D. N., & Rindiani, R. (2021). Gim edukasi berbasis android sebagai optimasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 55–67.
Hidayatullah, S., Murni, A. A. A., & Muhammad, M. (2023). Pemanfaatan Online Platform dalam Pembelajaran Teknik Informatika. MASALIQ, 3(6), 1357–1369.
Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif platform android pada mata pelajaran ppkn smk. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 557–566.
Ihwono, R., Mariono, A., & Dewi, U. (2023). Multimedia web learning berbasis model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMA. Jurnal Education And Development, 11(2), 413–419.
Intan, N. P. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Teknologi Layanan Jaringan Berbasis Mobile. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), 166–175.
Kholisho, Y. N., Khairunnisa, I. J., Fathoni, A., Uska, M. Z., & Jamaludin, J. (2022). My HD Media Pembelajaran pada Masa Pandemic Covid-19 Berbasis Mobile Learning. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 114–124.
Maylitha, E., Hikmah, S. N., & Hanifa, S. (2022). Pentingnya Information and Communication Technology bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8051–8062.
Nasution, A., Siddik, M., & Manurung, N. (2021). Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Journal Of Science And Social Research, 4(1), 1–5.
Nining, R., & Purnamasari, A. I. (2022). Pengembangan Media Belajar Menggunakan Augmented Reallity Berbasis Android pada Konsep Panca Indera. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(1), 399–407.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Putri, N., Musril, H. A., & Yahdi, Y. (2024). Penerapan Project Based Learning pada Mata Pelajaran Informatika di Pondok Pesantren Sematera Thawalib Parabek untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 4(1), 21–29.
Rini, A. P., Firmansyah, N. F., Widiastuti, N., Christyowati, Y. I., & Fatirul, A. N. (2023). Pendekatan terintegrasi dalam pengembangan kurikulum abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(2), 171–182.
Rohman, F. (2021). Implementasi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Gerak Dasar Tari Sigeh Pengunten. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(4), 464–472.
Ruwaidah, R. (2021). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika materi operasi dasar komputer di SMAN 4 Kota Bima Kelas X MIPA 1 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 177–189.
Uska, M. Z., Wirasasmita, R. H., Pathoni, B., Usuluddin, U., Kholisho, Y. N., & Abdullah, A. (2022). Aplikasi Belajar Asik Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Matematika. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 198. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7345
Wahyudi, A., Agustin, R. D., & Ambarawati, M. (2022). Pengembangan Media Aplikasi Geotri Pada Materi Geometri Berbasis Mobile Learning. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 62–70.
Walukow, M. R., Tambingon, H. N., & Rotty, V. N. J. (2022). Pergeseran Paradigma Pembelajaran Informatika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5411–5420.
Yanti, S. N., Sesmiarni, Z., Zakir, S., & Efriyanti, L. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Informatika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator 3 Di Mtsn 6 Agam. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 687–692.
Yates, A., Starkey, L., Egerton, B., & Flueggen, F. (2021). High school students’ experience of online learning during Covid-19: the influence of technology and pedagogy. Technology, Pedagogy and Education, 30(1), 59–73.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.