Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas V SDN 05 Ampenan
Penulis
Yolanda Eriana Pradita , Husniati , Muhammad Syazali , Aisa Nikmah RahmatihDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.533Diterbitkan:
2024-01-08Terbitan:
Vol 6 No 1 (2025): In PressKata Kunci:
Role Playing, Strorytelling AbilityAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan bercerita peserta didik kelas V SDN 05 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk rancangan penelitian posttest only control design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 05 Ampenan yang berjumlah 86 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah 57 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes penilaian kinerja dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Pengujian hipotesis menggunakan uji t (independent sample t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji t-test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,26 yang artinya 𝐻0 yang diajukan ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Sehingga hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Role Playing berpengaruh terhadap kemampuan bercerita peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 05 Ampenan.Referensi
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 8, No. 3.
Afri Naldi, Oktaviandry, R., & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Fokus Peserta Didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, Vol. 2, No.2
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar, Vol. 14, No. 1.
Bagaskara, A., Samad, S., & Harum, A. (2024). Penerapan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Self Awareness Pada Siswa Pondok Pesantren di Kabupaten Pinrang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 4, No. 1.
Dewi, U. T., & Fitia, E. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 8, No. 1.
Ernani, & Syarifuddin, A. (2016). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI. Vol. 2, No. 1
Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Jurnal Buletin Psikologi, Vol. 27, No. 2.
Ilyas, H. M., & Syahid, A. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia, Vol. 4, No. 2
Juhji. (2018). Model Pembelajaran IPA Untuk Calon Guru SD/MI. Pustaka Pelajar. Serang.
Latifah, N., & Priantari, I. (2024). Implementasi Metode Role Playing Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.1, No.4
Lestari, P. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Journal Ilmiah Rinjani, Vol. 7, No. 2
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Kencana. Jakarta.
Majid, A., & Firdaus. (2017). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Marlina, E., Apriliya, S., & Hamdu, G. (2018). Kemampuan Bercerita Siswa SD Menggunakan Buku Pop Up. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5, No. 1.
Mustapa, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Menulis Melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN No.81 Kota Tengah Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Vol. 7, No. 3.
Nugraha, J., Wijaya, H. E., Qudsyi, H., Widiasmara, N., Rachmawati, M. A., Fatimah, I., Salmahaminati, Purwiandono, G., Anugrahwati, M., Gusniarty, U., Nurtjahjo, F. E., Syukri, Y., Nugroho, B. H., Istiningrum, R. B., Wiyantoko, B., Purbaningtias, T. E., Huda, T., Trisanty, A., & Aiyubbi, D. El. (2018). Implementasi Metode Kolaboratif dan Bermain Peran Dalam Pembelajaran di UII. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE. Yogyakarta.
Nurhasanah, Ismawati, A., Atep, S., & Ali, S. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 3.
Rahman, Widya, R. N., & Yugatiati, R. (2019). Menyimak dan Berbicara Teori dan Praktik. Alqaprint Jatinangor. Jatinangor.
Roestiyah, N. K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bina Aksara. Jakarta.
Sadiman, A. S., Harjito, Haryono, A., & Rahardjo, R. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. PT Rajagrafindo Persada. Depok.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. Yogyakarta.
Sunardi. (2023). Model Bermain Peran Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 13, No. 1.
Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Tamaraningtyas, O., Lestari, L., & Riyadi, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JPI, Vol. 5, No. 1.
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif. Alfabeta Bandung. Bandung.
Uno, H. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara. Jakarta.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, Vol. 7, No. 1.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif, dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , Vol. 7, No. 1
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.