Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di MI Darul Hikmah Darek
Penulis
Himayatillah Himayatillah , H. Sudirman , Prayogi Dwina AnggaDOI:
10.29303/goescienceed.v5i4.524Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 5 No 4 (2024): NovemberAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI Darul Hikmah Darek khususnya pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, pendidik menyiapkan perangkat pembelajaran seperti modul ajar yang memuat sintak model PjBL, bahan ajar, media pembelajaran berupa proyek dan penilaian. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan pembelajaran dilaksanakan berpedoman pada modul ajar yang terdiri dari kegiatan pendahuluan; kegiatan inti yang memuat sintak PjBL yakni penetuan topik proyek, perencanaan pelaksanaan proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, pelaksanaan proyek, dan penilaian hasil; serta kegiatan penutup. Evaluasi pelaksanaannya yaitu proses pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan modul ajar. Namun pendidik melewatkan kegiatan assesment mandiri pada tahap penilaian hasil karena terkendala waktu, sehingga penilaian dilakukan hanya melalui kerja kelompok. Hasil belajar menunjukkan satu kelompok memperoleh nilai 75. Sedangkan tiga kelompok lainnya memperoleh nilai 87,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidik merencanakan pembelajaran dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, kemudian melaksanakan pembelajaran dengan berpedoman pada modul ajar. Evaluasi pelaksanaannya yaitu kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar dilihat dari keaktifan peserta didik mengikuti pembelajaran dari awal hingga akhir. Namun pendidik melewatkan tahap assesment mandiri karena terkendalanya waktu. Sehingga penilaian hanya dilakukan melalui pekerjaan kelompok.Referensi
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Cyndiani, S., Asmah, S. N., & Nurcahyo, M. A. (2023). Analisis Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Buku Siswa Tema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 159–166. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.126
Gunawan, Sahidu, H., Harjono, A., & Yeni, M. (2017). Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 167–179. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/13514
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48–55. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Rohdiana, Rustam, & Rasdawita. (2022). Model Project Based Learning (PJBL) Materi Menulis Teks Anekdot Berbasis Kearifan Lokal Peserta didik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, 10(2), 209–217. https://unimuda.ejournal.id/jurnalpendidikan/article/view/2194
Santoso, P. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis UNS, 3(1), 1–7.
Sari, N. N., & Janattaka, N. (2023). Analisis Keterlaksanaan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SDN 5 Cakul Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. EduCurio Journal, 1(3), 844–849. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/71063
Sari, T. T., Achmad, W. K. S., & Mus, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Pinisi Journal PGSD, 2(2), 509–515. https://ojs.unm.ac.id/pjp/article/view/28319
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahapeserta didik Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 7(1), 76–81. https://ejournal.upi.edu/index.php/Boga/article/view/11599
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, M. I., Hendracipta, N., & Hakim, Z. R. (2023). Implementasi Model Project Based Learning sebagai Sarana Penguasaan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik di SD Negeri Rawu. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 520–526. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1004
Susilowaty, Nora. (2022). Model-model Pembelajaran. Serang: PT Sada Kurnia Pustaka.
Turiyah. (2023). Analisis Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 106–112. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71063