Analisis Literasi Sains Siswa Pada Materi Ekosistem
Penulis
Manzulina Manzulina , I Putu Artayasa , I Wayan MertaDOI:
10.29303/goescienceed.v5i4.507Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 5 No 4 (2024): NovemberAbstrak
Literasi merupakan salah satu keterampilan hidup yang penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI SMAN 7 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dipilih menggunakan metode simple random sampling dengan teknik undian. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan literasi sains pada materi ekosistem. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik di SMAN 7 Mataram pada kategori sedang sebanyak 46% dan kategori rendah sebanyak 54%. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik adalah peserta didik tidak terbiasa mengerjakan soal yang berbasis literasi sains. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI SMAN 7 Mataram secara keseluruhan dalam kategori masih perlu ditingkatkan.Referensi
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Anton, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 3 Gowa. (Skripsi), Universitas Muhammadiyah. Makasar.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aswita, D., Saputra, S., Yoestara, M., Fazilla, S., Zulfikar., Nurmawati., Putri, Z., Salamia., Iqbal, M., Kurniawan, E. S., & Sarah, S. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Hasan, E. N., Rusilowati, A., & Astuti, B. (2018). Analysis of Students Science Literacy Skill in Full Day Junior High School. Journal of Innovative Science Education, 7(2).
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5-9.
Huryah, F., Sumarmin, R., & Effendi, J. (2017). Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa SMA Kelas X Se Kota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 72-79.
Irwan, A. P.., Usman., & Amin, B. D. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika di SMAN 2 Bulukumba. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 15(3), 16-24.
Jufri, A. W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar Menjadi Pendidik Profesional. Bandung: Pustaka Rineka Cipta.
Kemendikbud. (Juni, 2023). Peringkat Indonesia Pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa2022-naik-56-posisi-dibanding-2018.
Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif: Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Depublish.
Maririska, T., Kusmiarti, R., Utama, C., Asmara, A., & Ulfah, Y. F. (2023). Pendidikan Literasi. Sumatera: Mafy Media Literasi Indonesia.
Merpaung, J. N., & Cendana, W. (2020). Keterampilan Menjelaskan Guru Untuk Membangun Minat Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran Online. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(7), 1245-1251.
Nasrullah, R. & Asmarini, P. (2024). Meningkatkan Literasi Indonesia Melalui Optimalisasi Peran Buku. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Novita, M., Rusilowati, A., Susilo., & Marwoto, P. (2021). Meta Analisis Literasi Sains Siswa di Indonesia. Unnes Physic Education, 10(3), 209-215.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). “Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa”. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34- 42.
Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2036-2044.
Riwanto, D., Azis, A., & Arafah, K. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Kelas X MIA SMA Negeri 3 Soppeng. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(2), 23-31.
Rahmadani, F., Setiadi D., Yamin, M & Kusmiati. Analisis Kemampuan Literasi Sains Biologi Peserta Didik SMA Kelas X di SMAN 1 Kuripan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2726-2731.
Rusilowati, A., Kurniawati, L., & Widyatmoko, A. (2016). Developing an Instrument of Scientific Literacy Assessment on the Cycle Theme. International Journal of Environmental & Science Education, 11(12), 5718-5727.
Sumarra, M. Y., Wulan, A. R., Nuraeni, E. (2020). Analisis Penggunaan Tes Tertulis tentang Keterampilan Mengevaluasi dan Merancang Penyelidikan Ilmiah pada Mata Pelajaran IPA – Biologi SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 279-293.
Sugiyono. (2019). Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.
Tulaiya, W. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA di Kabupaten Sumenep. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 417-427.
Winata, A., Cacik, S., & RW, I. S. (2018). Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban Pada Materi Daur Air. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 58-64.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. EDUSAINS, 8(1), 66-73