Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPAS SDN 1 Jagaraga Indah
Penulis
Ainurrahmi Dwiwulandari , Mansur Hakim , Hasnawati HasnawatiDOI:
10.29303/goescienceed.v5i4.466Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 5 No 4 (2024): NovemberAbstrak
Kemampuan literasi sains merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam Pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi sains siswa kelas V pada pembelajaran IPAS di SDN 1 Jagaraga Indah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 36 siswa dan guru kelas V SDN 1 Jagaraga Indah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif berupa persentase dan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 1 Jagaraga Indah secara keseluruhan berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 47,22%, selanjutnya berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 38,88%, dan hanya sedikit siswa yang berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 13,88%. Adapun hasil analisis tiap indikator diperoleh kemampuan literasi sains pada indikator mengidentifikasi isu-isu ilmiah berada pada kategori sedang, indikator menjelaskan fenomena ilmiah berada pada kategori rendah dan indikator menggunakan bukti ilmiah berada pada kategori rendah. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN 1 Jagaraga Indah berada pada kategori rendah.Referensi
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.
Akpofure, R.-R. (2018). Responsible Environmental Behaviour: An Observational Study of Household Generated Waste for Diposal in Port Harcourt, Nigeria. International Journal of Waste Resources, 8(2).
Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, & Hasnawati. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains (KLS) Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Sains. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2620-8326.
Bungin & Burhan (2015). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali pers.
Choerunnisa, R., Wardani, S., & Sumarti, S. S. (2017). Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching Learning Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11 (2), 1945-1956.
Dwisetiarezi, D., & Fitria, Y. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran IPA Terintegrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1958-1967.
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Indarta, Y., Jalillus, N., Abdullah R., & Samala, A.P. (2021). 21St Century Skills:TVET dan Tantangan Abad 21 Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , 3 (6), 4340-4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458
Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Kimia SMA. J. Pijar MIPA, 14(2), 49-54.
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun, 2022 s.d. 2024. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/
Nisa Wulandari dan Hayat Sholihin. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor, EDUSAINS Vol.8. No.1.
Nurlaili, N., Ilhamdi, ML, & Astria, FP. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN 1 Sukarara Pada Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8 (3), 1690-1698. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1554
OECD (2023). PISA 2022 Asesment and Analytical Framework Science. Reading, Mathematics and Financial Literacy. https://pisa2022-maths.ocd.org/ca/index.html#Overview
Permatasari, P., & Fitriza, Z. (2019). Analisis Literasi Sains Siswa Madrasah Aliyah pada Aspek Konten, Konteks, dan Kompetensi Materi Larutan Penyangga. Edukimia, 1 (1), 53-59.
Putri, R. M., Setiadi, D., Mahrus, M., & Jamaluddin, J. (2022). Analisis Pembelajaran Daring dan Kemampuan Literasi Sains Biologi serta Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Woha pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (2c), 747-754.
Rahmadani, F., Setiadi, D., & Kusmiayati, M.Y. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Biologi Peserta Didik SMA Kelas X di SMAN 1 Kuripan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (4b), 2726-2731.
Sugiyono, (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (S. Y. Suryandari (ed; 5th ed.). Alfabeta, Bandung.
Yanti, R., Prihatin, T., & Khumaedi, K. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Ditinjau Dari Kebiasaan Membaca, Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9 (2), 156.