Pengembangan Komik Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Suku Mbojo Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar
Penulis
Nunung Hidayah , Siti Rohana Hariana Intiana , Muhammad Erfan , Moh. Irawan ZainDOI:
10.29303/goescienceed.v5i4.465Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 5 No 4 (2024): NovemberAbstrak
Abstract: Komik cerita rakyat adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi dan peserta didik untuk meningkatkan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa komik cerita rakyat berbasis kearifan lokal suku Mbojo, mengetahui prosedur pengembangan komik cerita rakyat, dan mengetahui kepraktisan serta keefektifan komik cerita rakyat berbasis kearifan lokal suku Mbojo pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Alat pengumpulan data menggunakan angket, evaluasi, dan dokumentasi. Tahapan dalam pengembangan komik cerita rakyat yaitu: 1) Analisis: menganalisis kebutuhan, kurikulum, dan peserta didik, 2) Desain: mendesain komik cerita rakyat dari cover hingga sumber dan merancang tes evaluasi, 3) Pengembangan: dilakukan pencetakan komik cerita rakyat, validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta uji coba kepada peserta didik dan guru untuk melihat kelayakan produk. Hasil validasi ahli media sebesar 80%, ahli materi sebesar 90,67%, ahli bahasa sebesar 85,45%, respon siswa sebesar 92%, dan respon guru 100%, 4) Implementasi: dilakukan penerapan komik cerita rakyat pada kelas sesungguhnya, 5) Evaluasi: dilakukan penilaian terhadap hasil evaluasi peserta didik untuk melihat keefektifan produk. Berdasarkan hasil dari penilaian evaluasi yaitu sebesar 86,6% dengan kategori sangat efektif yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memahami materi pada komik cerita rakyat.Referensi
Amanda, N., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Budel (Buku Berjendela) pada Tema Keluargaku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 97–104
Anafiah, S. (2015). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Alternatif Bacaan Bagi Anak. Trihayu, 1(2), 259093.
Ardhani, A. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Siswa Kelas IV SDN Midang. Dalam Jurnal Pijar Mipa (Vol. 16, Nomor 2). https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446.
Enha, H. F. M. (2019). Pengembangan Media Monopoli Tematik Tema Cita-Citaku Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV MI Al-Mufidah Sidodadi Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi [Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Educatio, 11(1), 90-105.
Hidayah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan, Lampung. 4(1), 34-46.
Indonesia. 2022. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Tahun 2022 Nomor 14. Jakarta.
Kartikasari, G. (2016). Pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia: Studi eksperimen pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 59-77.
Kurniawarsih, M. dan I. M. Rusmana. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Mtematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika. 1(1): 39-48. https://bit.ly/3GJLYLm [Diakses pada tanggal 20 Desember 2021].
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran.https://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/pengabdian/7cpengembangan%02model-pembelajaran.pdf.
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suharman, S. (2017a). Implementasi Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Dasardi Kabupaten Berau Kalimantan Timur, ... Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/15656
Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 21-28.
Suyono dan Hariyanto. (2017) Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Syahriani, & Sofyan. (2020). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Komik Materi Pteridophyta pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 118–132. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8855
Winastiti, L., & Khayati, E. Z. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Praktek Sulaman Bebas Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Di MAN 2 Kulon Progo [Thesis]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.