Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru di SMP Negeri 1 Masbagik
Penulis
Suli Pebriani , Lalu Sumardi , Bagdawansyah Alqadri , Sawaludin Sawaludin , Camellia CamelliaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.460Diterbitkan:
2024-11-05Terbitan:
Vol 6 No 1 (2025): In PressAbstrak
Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Masbagik tujuannya untuk memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan model, metode serta materi pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan Kurikulum Merdeka terhadap kreativitas dan inovasi guru di SMP Negeri 1 Masbagik. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis penelitian study kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian meenunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka membawa dampak positif terhadap kreativitas dan inovasi guru diantaranyaperubahan cara mengajar guru, kebebasan guru dalam menggunakan model serta metode ajar dan pembelajaran yang lebih kontekstual. Selain itu, aspek Kurikulum Merdeka yang menyebabkan guru lebih kreatif yaitu melalui pembelajaran yang lebih fleksibel, pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran berbasis proyek. Secara keseluruhan penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Masbagik membawa dampak yang positif bagi guru dalam mengembangkan kreativitas dan inovasinya.Referensi
Adventyana, B. D., Asdiniah, E. N., Afrialiani, M., Magdalena., & Prihatini. (2024). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Bagi Guru dan Peserta Didik. Jurnal on Education, 6(2), 118181-118826.
Alwi, M., Wingkolatin., & Marwiah. (2024). Kreativitas Guru dalam Merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan sebagai Upaya Menanamkan Jiwa Entrepreneur Peserta Didik di SMP Negeri 5 Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(2), 270-276.
Asri, M. (2017). Dinamika Kurikulum di Indonesia. Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.
Astika, S., Herianto, E., Sawaludin., & Sumardi, L. (2023). Pengaruh Implementasi E-learning Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 154-160.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.
Hidayah, W.A., Heriamto, E., Zubair, M., & Ismail, M. (2024). Pengaruh Implementasi Project Based Learning Berbantuan Media Imstagram terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikam Dasar, 9(2), 2548-6950.
Ismail, M. Zubair, M., Rispawati., Herianto, E., & Alqadri. B. (2019). Pelatihan Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif pada Guru-Guru Ma/MTs Pondok Pesantren Al Raisyiah Sekarbela Mataram. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram, 11-12.
Ismail, M., Herianto, E., & Hariyanto. (2020). Kebutuhan dan Potensi Pengembangan Pembelajaran E-learning sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran Inovatif PPKn di SMAN Kota Mataram. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram Mataram, 1(1), 264-270.
Ismail, M., Zubair, M., Alqadri, B., & Basariah.(2022). Analisis Kebutuhan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPECK) dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2442-2447.
Khalbi, N. P., Alvina, L., Setiawati, M., & Luthfiani. (2024). Dampak Pelaksanaan Kurikulum Merdeka bagi Guru di MTSN 2 Solok Selatan. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 30-39.
Miles, M., Huberman A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. Amerika: SAGE Publications.
Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Jurnal on education, 5(4), 17308-17313.
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.
Nizan, A., Alqadri, B., Yuliatin., & Herianto, E. (2023). Strategi Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPN 1 Gunung Sari. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 2620-8326.
Norhikmah., Rizky, N. F., Puspita, D., & Saudah. (2022). Inovasi Pembelajaran dimasa Pandemi: Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901-3910.
Novelti., Haetami, A., Hamsiah, A., & Lasino. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 173-179.
Picasouw, T. E., Apituley, W. E., Pulung, R., Lilimau, R., & Sapauane, M. (2023). Kreativitas Guru dalam pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4(1), 524-535.
Rahmadamayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.
Rustaman, N. (2019). Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif. FMIPA UPI, 9(1), 73-187.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.