Pengembangan LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 43 Ampenan
Penulis
Hanifatul Robiah , Ida Ermiana , Lalu Wira Zain AmrullahDOI:
10.29303/goescienceed.v5i4.457Diterbitkan:
2024-11-01Terbitan:
Vol 5 No 4 (2024): NovemberAbstrak
LKPD merupakan perangkat pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan aktivitas siswa, minat belajar, serta kemampuan berpikir kritis. LKPD yang digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar IPA di SDN 43 Ampenan kurang menarik minat peserta didik untuk belajar, juga belum berbasis pada sebuah masalah, dan belum mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD IPA berbasis Problem-Based Learning pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V SDN 43 Ampenan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi materi, desain, respon guru dan siswa, serta tes. Hasil penelitian menunjukkan LKPD IPA berbasis PBL layak digunakan dengan nilai validasi materi 87,69% dengan kriteria sangat valid, validasi desain 83,33% kriteria valid, hasil respon guru 78% kriteria praktis dan respon siswa sebanyak 30 siswa mendapat skor 87,5% dengan kriteria sangat praktis. Untuk uji efektivitas menggunakan uji prasyarat yang menunjukkan hasil bahwa nilai thitung 74,069 > ttabel 1,671 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh signifikan penggunaan LKPD berbasis PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Referensi
Ammatullah, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Andhani, N. D., Ningsih, K., & Tenriawaru, A. B. (2021). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada submateri invertebrata kelas X. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(1), 17-21.
Angko, N., dan Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal KWANGSAN Vol. 1(1), 1-15.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88.
Baharuddin, M. R., Fitriani, A., & Jumarniati. (2017). Efektivitas pendekatan problem posing setting kooperatif terhadap kemampuan literasi matematis. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 128.
Bandarusin, B., et al. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap proses dan hasil belajar geografi siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 1(12), 110-116.
Christina, L & Kristin, F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 6 (3). Hal: 217.
Dinda, D. dkk. (2021) ‘Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(5), pp. 3712–3722.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD matematika berbasis problem based learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(2), 920-929.
Elfina, S. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Ermiana, I., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2019). Pengembangan Media Berdasar Komputer (CBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III di SDN 12 Ampenan. In Prosiding seminar nasional pagelaran pendidikan dasar nasional (ppdn) (pp. 297–303).
Esmawati, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan, 1(2), 1–8
Fatmawati, Susilawati & Haryati, S. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Struktur Atom. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2): 1–14.
Fitrah, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas media pembelajaran interaktif dengan aplikasi Powtoon pada mata pelajaran bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1).
Fuadati, M. and Wilujeng, I. (2019) ‘Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), pp. 98–108.
Gabriella, N. & Mitarlis 2021. Pengembangan LKPD Berorientasi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Hidrokarbon. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2): 103–112
Hidayah, A.N., Winingsih, P.H. & Amalia, A.F. 2020. Pengembangan E-LKPD Fisika dengan 3D PageFlip Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 7(2): 36–43
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.
Lee, W., & Owens, L. D. (2004). Multimedia based instructional design (2nd ed.). John Wiley & Sons, Inc.
Lorensa, V. dkk. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Flora Dan Fauna Di Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Semendawai Suku Iii Oku Timur Tahun Pelajaran.
Pawana, M.G., Suharsono, N., dan Kirna, I.M. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Dengan Model ADDIE Pada Materi Pemrograman WEB Siswa Kelas X Semester Genap di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia Vol. 4(1), 1- 10.
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.
Pribadi, B. A., & Dewi, A. (2019). Pengembangan bahan ajar. Universitas Terbuka.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektivitas e-LKPD berbasis pendekatan investigasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96.
Putra, P. D. A. (2014). Pengembangan Model Immersed Pada Mata Kuliah IPA Terpadu Berorientasi Pada Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa.
Putra, D., Santoso, R., & Wijaya, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 123-130.
Putra, W. P., Gunamantha, I. M., & Sudiana, I. N. (2023). Pengembangan e-LKPD HOTS dalam meningkatkan berpikir kritis pada pembelajaran IPA SD. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 169-180.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92-98.
Sari, M. M. (2017). Penggunaan animasi multimedia dalam pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan self esteem peserta didik kelas X pada mata pelajaran biologi SMA N 13 Bandar Lampung (Disertasi Doktoral, IAIN Raden Intan Lampung).
Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(1), 7-12.
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38.
Slamet Riyanto, A. A. H. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.