Pengembangan Media Animasi Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bumi Dan Satelitnya Di SMPN 14 Kota Bengkulu
Penulis
Helmi susanti , Ahmad Walid , Fadilah FadilahDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.455Diterbitkan:
2024-11-04Terbitan:
Vol 6 No 1 (2025): In PressAbstrak
Media animasi disebut juga gambar hidup yaitu serangkaian gambar diam yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Model pembelajaran guided inquiry merupakan salah satu model yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi awal kemampuan berpikir kritis siswa dan mengetahui kelayakan media animasi berbasis guided inquiry serta untuk mengetahui keefektifan media animasi berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bumi dan Satelitnya di SMPN 14 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan pada ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Develoment). Teknik pengumpulan data pada pengembangan ini adalah dengan menggunakan lembar wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan setelah data diperoleh, dalam hal ini akan dihitung skala valid dan praktis produk pengembangan yang telah dihasilkan. Media animasi berbasis guided inquiry dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan materi bumi dan satelitnya dan berdampak positif bagi peserta didikReferensi
Al Farizi, Zakaria, Dwi Sulisworo, M. H. Hasan, and M. E. Rusdin. 2019. “Pengembangan Media Animasi Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis TPACK Dengan Powtoon Pada Materi Torsi SMA Kelas XI.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 10(2):108–13.
Amijaya, Lalu Sunarya, Agus Ramdani, and I. Wayan Merta. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.” Jurnal Pijar Mipa 13(2):94–99.
Anjarsari, Elly, Donny Dwi Farisdianto, and Abdul Wahid Asadullah. 2020. “Pengembangan Media Audiovisual Powtoon Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar.” JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 5(2):40–50.
Ardianingtyas, Illyuna Rizki, Sunandar Sunandar, and Ida Dwijayanti. 2020. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 2(5):401–8.
Ariandhini, Edwina, and Indri Anugraheni. 2022. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Animaker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Puisi Mapel Bahasa Indonesia Kelas 3 SD.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(3):242–52.
Arief, Miftah. 2022. “Keterampilan Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) MI/SD Dan Sikap Ilmiah.” Darussalam 22(2).
Ayu Prameswari, Dheanida Amelia, Alfi Laila, And Ilmawati Fahmi Imron. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjelaskan Sistem Tata Surya Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri Canggu.”
Ayuni, Rida. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Motion Graphic Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas Viii Di Mtsn 2 Aceh Besar.”
Budiarti, Santi, Murbangun Nuswowati, and Edy Cahyono. 2019. “Guided Inquiry Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.” Journal of Innovative Science Education 5(2):144–51.
Cahyani, Inna Rizky. 2020. “Pemanfaatan Media Animasi 3D Di SMA.” Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran 5(1):57–68.
Darmawan, Melissa Salma. N.D. “Pelatihan Interactive Learning Media Based Augmented Reality Pada Kelompok Guru Ipa Smp Islam Rodlotus Saidiyyah Semarang.” P. 79 In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Ipa Ke-5 Tahun 2020.
Januarisman, Erwin, and Anik Ghufron. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 3(2):166–82.
Khaira, Hafizatul. 2021. “Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT.” Pp. 39–44 in Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3. FBS Unimed Press.
Novita, Lina, and Anggun Novianty. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran.” JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education) 3(1):46–53.
Nurfadhillah, Septy, Dwi Aulia Ningsih, Putri Rizky Ramadhania, and Umi Nur Sifa. 2021. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III.” Pensa 3(2):243–55.
Pramanda, Dwiky Febri, M. Arif Rahman Hakim, And Erik Perdana Putra. 2023. “Perancangan Media Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Untuk Kelas Vii Smp Berbasis Software Freemind.” Insan Cendekia: Jurnal Studi Islam, Sosial Dan Pendidikan 2(2):45–52.
Safitri, Alvira Oktavia, Puji Ayu Handayani, and Tin Rustini. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SD.” Journal on Education 5(1):919–32.
Satria, Erwinsyah, Udin Syaefudin Sa’ud, Wahyu Sopandi, Tursinawati Tursinawati, Ai Hayati Rahayu, and Poppy Anggraeni. 2022. “Pengembangan Media Animasi Interaktif Dengan Pemograman Scratch Untuk Mengenalkan Keterampilan Berpikir Komputasional.” Jurnal Cerdas Proklamator 10(2):217–28. doi: 10.37301/cerdas.v10i2.169.
Suryana, Dadan, and Aini Hijriani. 2022. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):1077–94.
Sya’bania, Nursina, Muhammad Anwar, and Muhammad Wijaya. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Chemistry Education Review (CER) 4(2):34–44.
Zulaiha, Siti, Meisin Meisin, and Tika Meldina. 2023. “Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 9(2):163–77.