Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level Model Problem-Based Learning Pelajaran PPKn Kelas V SDN 1 Mataram
Penulis
Rahmat Hidayat , Baik Nilawati Astini , Intan TriwahyuniDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.454Diterbitkan:
2024-11-05Terbitan:
Vol 6 No 1 (2025): In PressAbstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui pendekatan teaching at the right level model pembelajaran problem-based learning pelajaran PPKN kelas V SDN 1 Mataram. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Mataram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Mataram. Subjek Penelitian menggunakan peserta didik kelas V SDN 1 Mataram, kota Mataram dengan jumlah peserta didik 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam kajian ini adalah observasi dan tes. Bentuk analisis informasi yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil nilai evaluasi pra siklus didapatkan rata-rata nilai 54 dimana 10 peserta didik atau 40% dari keseluruhan sudah tuntas dalam belajar. Pada siklus I didapatkan rata-rata nilai peserta didik sebesar 75,4% dengan 18 peserta didik atau berkisar 72% peserta didik sudah mencapai ketuntasan hasil belajar. Selain itu, pada siklus II nilai normal yang diperoleh adalah 82 dimana 22 siswa atau 88% siswa telah tuntas dalam belajar. Mengingat ketetapan indikator keberhasilan, tingkat pemenuhan hasil belajar siswa khususnya 85% peserta didik telah mencapai nilai ≥ 70, pembelajaran PPKn menggunakan pendekatan teaching at the right level dengan model pembelajaran problem -based leaning dapat dinyatakan berhasil. Kata kunci:Hasil belajar, PPKN, Pendekatan teaching at the right level, model problem-based learningReferensi
Ahyar,dkk.(2022). Impplementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). 5(11)5241-5246.
Amris & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171-2180. Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Ariyani & Kristin. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.
Cahyani, Hadiyanti, & Saptoro. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927.
Cahyono. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2/4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan N. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407-12418.
Eismawati, Koeswanti, & Radia. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.
Fitriani (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,4(1), 180-189.
Handayani & Subakti. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.
Hotimah. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.
Irawati, Ilhamdi, & Nasruddin. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48.
Juwono, & Sucahyo. (2023). Implementation Implementation of the TaRL Approach to Increase Student Learning Motivation in Physics Learning: Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99.
Luluk Muhimatul Ifadhoh, Ferina Agustini, Supriyanto. 2023. Peningkatan Hasil Belajar dengan Menerapkan Model PBL pada Muatan Pelajaran PPKN di SD 4 Dersalam. Semarang: 24 Juni 2023. Hal.2779-2788.
Meilasari, & Yelianti. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207.
Muammar. (2022). Peran Relawan Literasi Melalui Pendekatan Teaching at The Right Level (TARL) Dalam Menyelesaikan Permasalahan Literasi Dasar Di Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 43-56.
Mubarokah. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165-179.
Nabillah & Abadi. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1).
Nugroho. (2017). Penguatan Ecological Citizenship melalui Penerapan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Masyarakat. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN, 2598, 5973.
Pratiwi & Setyaningtyas. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Project BasedLearning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388.
Rahayu,dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Somnaikubun & Palilingan. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2),295-307.
Suharyani, Suarti, & Astuti. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470-479.
Sukaptiyah. (2015). Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 114-121.
Yogica, Muttaqiin, & Fitri. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. IRDH Book Publisher