Peran Desain Kelas dalam Mendukung Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini
Penulis
Budiman BudimanDOI:
10.29303/goescienceed.v4i2.431Diterbitkan:
2023-12-30Terbitan:
Vol 4 No 2 (2023): DecemberKata Kunci:
desain kelas, keterampilan social, anak usia diniAbstrak
Peran desain kelas memiliki signifikansi yang besar dalam pengembangan keterampilan sosial anak usia dini. Desain kelas yang efektif dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung interaksi sosial antar anak, seperti pengaturan ruang kelas yang dirancang untuk memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antar siswa. Selain itu, desain kelas juga dapat mendorong partisipasi aktif, tanggung jawab, serta kerjasama melalui penggunaan furnitur yang fleksibel dan ruang yang terbuka. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah metode kualitatif. Pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti untuk memahami dan memperoleh wawasan mendalam mengenai peran desain kelas dalam mendukung pengembangan keterampilan sosial anak usia dini. Melalui pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, peneliti dapat mengeksplorasi informasi yang relevan dan mendalam terkait topik penelitian. Penelitian juga mengungkapkan bahwa desain kelas yang mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan keterampilan sosial anak usia dini. Studi ini menunjukkan bahwa dengan memperhatikan faktor-faktor lingkungan yang sesuai, kelas dapat menciptakan suasana yang mendukung interaksi sosial yang sehat dan memperkuat perkembangan keterampilan sosial pada anak-anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis memberikan rekomendasi penting bagi para pendidik dan desainer kelas untuk memperhatikan faktor-faktor desain ruang yang berpotensi meningkatkan interaksi sosial dan kemampuan berkomunikasi anak-anak usia dini.Referensi
Aditomo, A., Goodyear, P., Bliuc, A. M., & Elliote, C. (2013). Inquiry-based learning in higher education: principal forms, educational objectives, and disciplinary variations.
Studies in Higher Education, 38(9), 1239-1258. Andriani, T., & Yuliawati, L. (2019). Efektivitas pembelajaran tematik-integratif untuk pengembangan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Luar Biasa, 16(1), 39-46.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2007). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.
Gifford, S. M., Hine, D. W., Muller, D., & Diesendorf, M. (2013). Economic, technological, and psychological factors in household carbon footprint. Journal of Environmental Psychology, 36, 1-10.
Hidayat, R. N. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 196-207.
Kurniawati, I., & Muhibbin, R. (2019). Pengembangan keterampilan sosial anak melalui penerapan pendekatan saintifik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 292-300.
Bachtiar, M. Y., Rusmayadi, R., & Herman, H. (2021). Pengembangan Kemampuan Sosial Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di TK Riyanti Kabupaten Gowa. unm.ac.id
Rosyadi, R. A. (2022). Pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan sosial pada siswa kelas III SD. JIME (Jurnal Ilmiah Mandala Education), 8(1). stkippgri-sidoarjo.ac.id
Susanti, S., Sumardi, S., & Nugraha, A. (2020). Keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di Kelompok B Tk Aisyiyah 2. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 89-100. kemdikbud.go.id
Fitri, Y. M. & Nurhafizah, N. (2021). Pengaruh Metode Gerak dan Lagu Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Kota Padang. Jurnal Basicedu. jbasic.org
Pello, Y. S. & Zega, R. F. W. (2024). PERAN INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. publisherqu.com
Harahap, S. N. H., Delvia, E., Zahra, S., Amalina, M. N., & Khadijah, K. (2022). Pengaruh Permainan Petak Umpet dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 255-260. upmk.ac.id
Afifah, R. N. A. N., & Sinaga, S. I. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Sosial Anak pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 62-73. unilak.ac.id
Sofariah, S., Mulyana, E. H., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Pengembangan Asesmen Model Stem Pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam Untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anakusia Dini. Jurnal PAUD Agapedia. academia.edu
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325. stitpn.ac.id
Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023). PENGARUH REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS 1 SDN CINANGGUNG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2456-2472. stkipsubang.ac.id
Lubis, R. N. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini di TK Al-Madinah. TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Islam. staiuisu.ac.id
WH, E. H., Anisa, L. N., Meilani, A. R., Munasyifa, A., Sari, L. N., & Bashoriyah, R. (2023). Manajemen Kelas yang Efektif pada Kelas Indoor dengan Menggunakan Discovery Learning. BIOFAIR, 128-154. upgris.ac.id
Salma, S., & Nurlina, N. (2024). STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 65-74. umj.ac.id
Marisana, D., & Herawati, N. I. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5072-5087. unpas.ac.id
Hasibuan, S. F. (2022). Dampak Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Fatimah Pekanbaru. uin-suska.ac.id
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.