Pengembangan Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogi Sasak Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 5 Banyumulek

Penulis

  • Lalu Alfi Sandi Kusuma college student
  • Muhammad Tahir Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i3.428

Kata Kunci:

Media Pembelajaran , Engklek Monopoli, Etnopedagogik Sasak, Pembelajaran IPAS

Abstrak

Pengembangan Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogik Sasak dalam Pembelajaran IPAS, yang dimana akan mengenalkan kearifan lokal atau kebudayaan yang ada di daerah tempat tinggal mereka melalui pembelajaran IPAS sehingga menjadikan upaya dalam melestarikan dan memperkenalkan kearifan lokal suku sasak melalui jenjang pendidikan sekolah dasar.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogik Sasak dalam Pembelajaran IPAS, yang layak dan praktis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan ADDIE (yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation). Hasil penelitian Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogi Sasak dalam Pembelajaran IPAS  memperoleh  hasil validasi media berdasarkan hasil uji memperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Kemudian berdasarkan hasil uji validasi materi memperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Dengan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa media sangat layak digunakan,serta penggunaan media yang telah diujikan dalam kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata persentase yakni 92% dengan demikian dapat diketahui bahwa media dapat dinyatakan sangat praktis untuk digunakan

Referensi

Apta Dinda Sartika, Putri Ayu Cindika, Belinda Salsa Bella, Lici Indah Anggraini, Putri Wulandari, Eliza Indayana. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipas Sd/Mi.” Journey: Journal Of Development And Reseacrh In Education 52.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.

Asrin, Haryati, L. F., Syazali, M., Wira, L., & Amrullah, Z. (2021). Pelatihan implementasi budaya mutu berbasis kearifan lokal di sdn gugus i pemenang lombok utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5, 488–493.

Baiq Nurlaela Hardiana, Muhammad Tahir, Siti Istiningsih. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak Pada Materi Bahasa Indonesia Kelas II Sdn 7 Sakra .” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 216.

Erfan, M. dkk. (2020). Pengembangan GameEdukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. 11 (1).

Firmansyah, H., Ramadhan, I., & Wiyono, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi. Penerbit Lakeisha.

Fitri A., et al. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta:Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Istiningsih, S. dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monooli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. 16(2).

Kasnowo, M. Syamsul Hidayat. 2022. “Penguatan Kompetensi Sdm Guru Melalui Kurikulum Merdeka Di SDN Jatirejoyoso.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia 34.

Marlena, N., Dwijayanti, R., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 45-51.

Nisa, R. (2015). Pengembangan Media Monopoli 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Makananku Sehat Dan Bergizi Siswa Kelas 4 SDI Surya Buana.

Putri, I. P., Nurasiah, I., & Sutisnawati, A. (2022). Media Pop-Up Book Berbasis Wayang Sukuraga: Dimensi Aneka Global dalam Kurikulum Prototipe di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 543-551.

Siskawati, Maya., "Pengembangan dkk. 2016. Media Pembelajaran Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa”. Jurnal Studi Sosial, Volume 4, No.1 (hlm. 7280).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian Tindakan). Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono .(2019). Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian Tindakan). Bandung: CV. Alfabeta.

Sutirman. (2013). Media dan Model – model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tahir Muhammad dkk. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Vidio dan Audio Visual Bagi Guru SD Negeri Gugus V Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah. 4 (4).

Ulfaeni, S. (2017). Pengembangan media monergi (monopoli energi) untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136-144.

Ummah, M. K., & Hamna, H. (2023). Implementasi Model Pakemi Integrasi Blanded Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains IPAS Peserta Didik di Sekolah Dasar. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(1), 44-52.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-27

Terbitan

Bagian

Articles