Pengaruh Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV SDN 46 Cakranegara Tahun Ajaran 2023/2024
Penulis
Neva Sansao , Ida Ermiana , NurwahidahDOI:
10.29303/goescienceed.v5i3.423Diterbitkan:
2024-08-28Terbitan:
Vol 5 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Media Takalintar, Kemampuan Berhitung, PerkalianAbstrak
Penelitian ini didasari oleh hasil observasi di SDN 46 Cakranegara yang menemukan siswa kelas IV memiliki hasil belajar yang rendah pada matematika. Siswa mengalami kesulitan dalam berhitung perkalian. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran tabel perkalian pintar (takalintar) terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV SDN 46 Cakranegara tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian ini menggunakan desain nonequivalent group design. Populasi penelitian berjumlah 45 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 30 siswa terdiri dari kelas IV A (kontrol) 15 siswa dan kelas IV B (eksperimen) 15 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil kemampuan berhitung perkalian siswa diperoleh dari data pretest dan posttest. Rata-rata hasil pretest kelas eksperimen yakni 67,27 sedangkan untuk kelas kontrol yakni 65,00. Rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yakni 82,33 sedangkan untuk kelas kontrol yakni 73,03. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig.2 tailed sebesar 0,03 < 0,05 artinya terdapat pengaruh kemampuan berhitung perkalian pada siswa yang menggunakan media takalintar. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa media takalintar berpengaruh terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa kelas IV SDN 46 Cakranegara tahun ajaran 2023/2024.Referensi
Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41-47.
Afni, S. M. N., Ray, A. V., Febianti, A. M., Sari, A. M., Avrinata, I.P., & Fu’adin, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Sempoa Dalam Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 131-145.
Afriani, D., Fardila, A., Septian, G. D., Margakaya, S., Ciranggon, J., Karawang, P. M., … & Cimahi, K. (2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa sekolah dasar. Journal of Elementary Education, 2019, 2.50: 5.
Alwi, M., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengaruh Media Batang Napier terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas III SDN 3 Danger. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 116-120.
Apriani, R., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian melalui Metode Jarimatika papa Siswa Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 7(3), 1530-1538.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Bopo, G., Ngura, E.T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi dengan Media Pembelajaran Papan Pintar Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 468-480.
Fidaus, F. M. (2018). Pengaruh Teknik Takalintar Terhadap Kemampuan Proses Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 445- 454.
Gunarti, W. (2021). Hakikat Kemampuan Dasar dan Perilaku Anak Usia 3-4 Tahun.
Habibah, N. (2024). alta school. 7 Keterampilan Anak yang Harus Dimiliki Sebelum SD. https://www.altaschool.id/blog/keterampilan-anak-yang-harus-dimiliki-sebelum-sd
Handayani, A. F. (2019). Penggunaan Alat Peraga Takalintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi hitung Perkalian. Online Journals.
Harina, D., Monawati, M., & Nurmasyitah, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Bersusun di Kelas IV SDN 4 Tapaktuan Aceh Selatan. Elementary Education Reaserch, 5(3).
Hasanah, S. R., & Sari, A. D. I. (2022). Peningkatan Keterampilan Berhitung Perkalian Melalui Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 182 Gersik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8(2), 1222–1236.
Himmah, K., Asmani, J., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57-68.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Lutfiah, L. (2022). Penerapan Media Takalintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV Di Uptd SDN Lembung Gunong 2 Kokop Bangkalan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 8(1), 12-23.
Miftahul, D., Ermiana, I., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Corong Berhitung Pada Materi Perkalian dan Pembagian Di Kelas II SDN 15 Cakranegara. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5548-5556.
Nisa, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Perkalian Dua Bilangan Bulat Menggunakan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Pada Materi Perkalian Siswa Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 02 Kedamin Hulu Putussibau Tahun Ajaran 2019/2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, tahun 2020.
Nurfadillah, D. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Jejak.
Nurrohmah, S., & Muryaningsih, S. (2022). Pengaruh Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian dan Pembagian Kelas IV SD Negeri Weton-Wetan. Renjana Pendidikan Dasar, 2022, 2.1: 32-38.
NTBSatu. (2022). Rapor Pendidikan, Kemampuan Literasi dan Numerasi Sekolah di NTB di Bawah Kompetensi Minimum. Diambil dari https://ntbsatu.com/2022/04/04/rapor-pendidikan-kemampuan-literasi-dan-numerasi-sekolah-di-ntb-di-bawah-kompetensi-minimum.html
OECD. 2019. PISA 2018. PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing
Rahmawati, Y. D. (2019, November). Pembelajaran Media Takalintar Berbantuan Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNDIKMA (Vol. 3, No. 1, pp.477-485).
Rifanti, V. N., Nasaruddin, N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas III SD IT Samawa Cendikia. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 121-136.
Rohmatin, I. (2019). Penerapan Metode Jarimatika dan Media Takalintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Matematika Siswa Kelas III di SDN Modongan Sooko Mojokerto. Doctoral dissertation, Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum.
Sani, R. W. Maulana, R. G., Mita Rahmawati, A. M., & Saraswati, S. A. Perbedaan Model Pembelajaran Aktif Icare dengan Strategi Ekspositori Terhadap Hasil Belajar.
Sari, D. A., & Rusnilawati, R. (2022). Pengaruh Penerapan Model PBL dengan Media Takalintar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6017-6026.
Sitepu, S. A., & Sitepu, M. S. (2020). Pengaruh Media Takalintar Terhadap Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas IV SDN.066657 Martubung. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(3), 225–234.
Suryaningrat, E., F., Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis Metode Jari Magic (Jarimatika) dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Motivasi Belajaran Siswa. Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 29-41.
Utami, A.M. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemecahan Masalah Operasi Hitung Perkalian Dan Sikap Kerja Keras Siswa Kelas III Sd Negeri 1 Sirau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Wapa, A., Zahro, A. F., & Haya, H. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Takalintar Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Bersusun Siswa Kelas IV SD Negeri Pujerbaru 2 Kecamatan Maesan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2023, 8.1:55-61.
Yunarti, T., & Amanda, A. (2022, November). Pentingnya kemampuan numerasi bagi siswa. In Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi. 2022. p. 44-48.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.