Pengembangan Media E-Comic Berorientasi Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Sumbawa Besar
Penulis
Carissa Viryaal Qonitaa , Ida Ermiana , Asri FauziDOI:
10.29303/goescienceed.v5i3.419Diterbitkan:
2024-08-27Terbitan:
Vol 5 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Pengembangan, E-Comic, Perubahan bentuk energi, Hannafin and PeckAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media e-comic berorientasi literasi sains, mengetahui validasi atau kelayakan pengembangan media e-comic, mengetahui kepraktisan media e-comic, dan efektivitas dari media e-comic berorientasi literasi sains pada siswa kelas IV SDN 2 Sumbawa Besar dengan materi perubahan bentuk energi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&﮽D) dengan menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu (1) Analisis Kebutuhan, (2) Desain, dan (3) Pengembangan dan implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) Teknik tes dan (2) teknik non tes; dokumentasi, wawancara, dan kuesioner dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; (1) data kualitatif dan (2) data kuantitaif. Hasil validasi ahli media sebesar 95%, ahli materi 95%, dan ahli Bahasa sebesar 100%, respon siswa sebesar 93,94%, dan respon guru sebesar 100%. Efektifitas media e-comic yang dikembangkan diukur menggunakan bantuan IBM SPSS Statisics 26.0 for Windows, berdasarkan hasil uji Paired samples t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, mengindikasi perubahan signifikan antara pre-test dan post-test, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-comic efektif digunakan oleh siswa, khususnya pada materi perubahan bentuk energi.Referensi
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.
Enha, H. (2019). Pengembangan Media Monopoli Tematik Tema Cita-Citaku Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV MI Al-Mufidah Sidodadi Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi [Thesis]. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Fauzi, A., Ermiana, I., Rahmatih, A. N., Handika, I., & Rosyidah, A. N. K. (2024). Development of Human Blood Circulation Board Media (PAPEDA) Oriented to Students’ Mastery of Science Concepts. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 991–999.
Gunawan, P., & Sujarwo. (2022). Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal of History Education and Historiography, 6(1), 40-41.
Handika, I., & Fauzi, A. (2023). Development of Natural Sciences Learning Videos Based on Local Wisdom of Sasambo (Sasak, Samawa, Mbojo) for Elementary School Students. Progres Pendidikan, 4(2), 84–92.
Hasan, M., & dkk. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: PT Tahta Media Group.
Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 291–319.
Nicolas, Y., Kwarrie, P., & Radion, K. (2015). Media Interaktif Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia. Infra, 3(2), 1-6.
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Tangerang: CV Jejak (Jejak Publisher)
Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6 (4), 6950-6951.
Prasetyo, W., & Maruddani, B. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Sistem Komunikasi Optik di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika UNJ. JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE), 5(2), 73–78.
Priadi, M. A., Prabowo, G. C., & Dewi, S. K. (2023). Improving Students’ Scientific Literacy Skills Using Inquiry-Based E-Comic At The Tenth Grader In Lampung Province. BIOSFER: Jurnal Tadris Biologi, 14 (1), 101-102.
Rahmadani, Y., Fitakurahmah, N., Fungky, N., Prihatin, R., Majid, Q., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183-187.
Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 47-57.
Siarni, S., Pasaribu, M., & Rede, A. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2), 94-102.
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smartphone Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90.
Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan e-komik dengan model addie untuk meningkatkan minat belajar tentang perjuangan persiapan kemerdekaan indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48-59.
Yenni, E., Yusriati, Y., & Sari, A. W. (2018). Pola Pengajaran Kesantunan Berbahasa Anak Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Tarbiyah, 25(1).
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.