Keefektifan Media Index Card Match Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 32 Cakranegara
Penulis
Nurafiati , Siti Rohana Harian Intiana , Muhammad SyazaliDOI:
10.29303/goescienceed.v5i3.416Diterbitkan:
2024-08-28Terbitan:
Vol 5 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
media index card match, keterampilan komunikasi, IPASAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu keefektifan media index card match terhadap keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 32 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil analisis data keterampilan komunikasi siswa pada kelas V yang diberi perlakuan menggunakan media index card match mengalami perubahan. Rata-rata nilai keterampilan komunikasi siswa diperoleh pretest sebesar 50,96 dan posttest sebesar 86,36. Pengumpulan data yang digunakan tes keterampilan komunikasi siswa berupa tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat, uji hipotesis, uji N-gain, dan Uji Effect Size. Hasil penelitin ini menunjukkan media index card match efektif terhadap keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 32 Cakranegara. Yang ditunjukkan oleh rata-rata N-Gain sebesar 74,19 yang termasuk dalam kategori cukup efektif terhadap keterampilan komunikasi siswa, dan juga dari hasil perhitungan effect size sebesar 1,2 pada kategori sangat besar.Referensi
Hamsina, S., Supriadi, S., Nuriani, N., & Bahri, A. (2023, November). Menumbuhkan Keterampilan Berkomunikasi Abad 21 Dengan Menggunakan Model Talking Chip Kantong Ajaib Doraemon Di MTs Negeri Barru. In Prosiding Seminar Nasional Biologi: Inovasi Sains & Pembelajarannya (Vol. 11, No. 1).
Safitri, E. M., Maulidinia, I. F., Zuniari, N. I., Amaliyah, T., Wildan, S., & Supeno, S. (2022). Keterampilan komunikasi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA berbasis laboratorium alam tentang biopori. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65-73.
Budiono, H., & Abdurrohim, M. (2020). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan komunikasi (komunikasi) siswa kelas V sekolah dasar negeri Teratai. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars , 8 (1), 119-127. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.589
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Darmawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Pkn Murid Kelas II SD Inpres Mariso II Makassar. Digital Library Unimush Makassar.
Widyastuty, A. A. S. A., Adnan, A. H., & Atrabina, N. A. (2019). Pengolahan Sampah Melalui Komposter Dan Biopori Di Desa Sedapurklagen Benjeng Gresik. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(2), 21-32. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i2.a1757
Rindayani, R., & Fadhillah, D. (2019). Perbandingan Model Index Card Match dengan Time Token Arends Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Caringin Iii Kabupaten Tangerang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1257
Amalia, N. I. F., & Faisal, M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Index Card Match Pada Siswa Kelas I UPTD SDN 234 Barambang II Kabupaten Maros. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 2(1), 118-131.
Mastita, A. R., Sihombing, L. N., & Sitio, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Index Crad Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri Simalungun. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial dan Agama, 8(2), 635-648. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.572
Anggraini, T. A., & Darmayanti, M. I. (2023). Pengembangan Media Index Card Match Untuk Materi Membuat Kalimat Tanya Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Unesa 11(5), 1058-1068.
Suparlan, S. (2019). Teori Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 2019, 1.2:79-88 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Penerbit Alfabeta
Jannah, A. T. I. (2024). Implementasi Metode Index Card Match dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 7 di MTSN 2 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1),735-744. https://doi.org/10.58230/27454312.495
Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., … & Judijanto, L. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Yuniantika, D., & Harini, E. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Wirokerten. Trirahayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2)
Tsany, L. N. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Melalui Media Index Card Match Siswa Kelas V SD HAsyim Asy’ari Surabaya. Begibung: Jurnal Penelitian Multidisiplin,, 2(2), 167-177. https://doi.org/10.62667/begibung.v2i1.48
Zahwa, N. R., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2022, 6.4:7503-7509 https://jbasic.org/index.php/basicedu
Chaidar, I. Z. (2021). Penggunaan Strategi Index Card Match Pada Pembelajaran Pai (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Almara, H., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2018). Metode Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 160-167.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.