Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pengetahuan Makanan Bergizi Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran PJOK SDN 4 Perian
Penulis
Gustini Hulfa , Muhammad Makki , Prayogi Dwina AnggaDOI:
10.29303/goescienceed.v5i3.410Diterbitkan:
2024-08-27Terbitan:
Vol 5 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
media, powerpoint morph, makanan, PJOKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berupa powerpoint morph pada muatan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk siswa kelas III di SDN 4 Perian. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis research and development (R & D) dengan menggunakan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Perian, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang diperoleh yaitu data deskripsi berdasarkan kualitas objek yang diteliti berupa saran dari para ahli dan lain-lain. Sedangkan data kuantitatif yaitu data yang berupa angka yang menunjukkan kepada presentasi keberhasilan dari produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media audio visual dengan spesifikasi produk diantaranya: (1) Media pembelajaran audio visual yang dikembangkan berupa media powerpoint morph; (2) Media powerpoint morph yang dikembangkan menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Sasak; (3) Media powerpoint morph yang dikembangkan dilengkapi dengan penjelasan suara narator pada setiap slide-nya. Media pembelajaran audio visual powerpoint morph masuk dalam kategori sangat layak digunakan untuk media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media audio visual powerpoint morph dengan tingkat kevalidan media 89% "sangat valid" dan kevalidan materi 95% "sangat valid". Kepraktisan media berdasarkan respon guru dengan skor 92% "sangat praktis" dan respon peserta didik dengan skor 95,04% "sangat praktis" serta media powerpoint morph efektif dalam pengetahuan meningkatkan peserta didik tentang makanan bergizi.Referensi
Batubara, A. P., Hasibuan, A. N., Sari, D. P., Sari, D. A., Ritonga, F., Devina, K., Sari, K., & Wulandari, N. (2023). Peningkatan Pengetahuan Siswa/I MDA Nahara Desa Rantau Panjang Kecamatan Pantai Labu terhadap Makanan Bergizi. Journal Of Social Science Research, 3(3), 1103–1112.
DPR RI. (2019). Laporan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI Pengawasan Penanganan Anak Gizi Buruk dan Anak Sangat Pendek (Stunting) ke Provinsi NTB (p. 11). https://www.dpr.go.id/dokakd/dokumen/K9-12 bde6f836bab1a628291aec5ff5df66.
Faridi, A., & Sagita, R. (2016). Hubungan Pengeluaran, Skor Pola Pangan Harapan (PPH) Keluarga, dan Tingkat Konsumsi Energi-Protein dengan Status Gizi Balita Usia 2-5 Tahun. Jurnal Universitas Muhammadiyah Hamka, 1(1), 11-21.
Gannika, L. (2023). Hubungan Status Gizi dengan Tumbuh Kembang pada Anak Usia 1-5 Tahun: Literature Review. Jurnal Ners Universitas Pahlawan, 7(1), 668–674.
Gurnida, D. A., Nur’aeny, N., Hakim, D. D. L., Susilaningsih, F. S., Herawati, D. M. D., & Rosita, I. (2020). Korelasi Antara Tingkat Kecukupan Gizi dengan Indeks Massa Tubuh Siswa Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6 Padjadjaran. Journal of Dental Researchers and Students, 4(1), 43. https://doi.org/10.24198/pjdrs.v3i2.25763.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.
Hulu. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 1.
Istianah, Y., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Transisi Morph dan Zoom Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 113. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.972
Jasmawati, & Setiadi, R. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Gizi Balita. Mahakam Midwifery Journal, 5(2), 99–106.
Kharisma, G. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 5(2), 269–278.
Loaloka, M. S., Zogara, A. U., & Djami, S. W. (2023). Hubungan Asupan Zat Gizi Makro dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa Dan Peneliti Kesehatan (JUMANTIK), 10(01), 63–70.
Munawaroh, S. (2015). Pola Asuh Mempengaruhi Status Gizi Balita. Jurnal Keperawatan, 6(1), 44–50.
Nasriyah, N., Kulsum, U., & Tristanti, I. (2021). Perilaku Konsumsi Jajanan Sekolah dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar di Desa Tumpangkrasak Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(1), 123. https://doi.org/10.26751/jikk.v12i1.913.
Parhusip, Y. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 319–326.
Prasetro, R. T., Benvenuto, A. F., Nirmala, S., & Sahrun. (2023). Hubungan Status Gizi dengan Kejadian Pneumonia pada Anak di Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Nusantara Hasana Journal, 2(12), 54–62.
Saputro, G. I., Handajani, S., Bahar, A., & Dewi, R. (2022). Game Card sebagai Media Edukasi Konsumsi Jajanan Sehat untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Siswa SD. Jurnal Tata Boga, 11(1), 50–58. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/
Septiawati, D., Indriani, Y., & Zuraida, R. (2021). Tingkat Konsumsi Energi dan Protein dengan Status Gizi Balita. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 598–604. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.66.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D (1 st ed.). Bandung: Alfabeta.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, II (1), 43–48.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.