Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kolaborasi dan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Fisika
Penulis
Finda Restu Mulia , Sutrio , Muh Makhrus , KosimDOI:
10.29303/goescienceed.v5i4.404Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 5 No 4 (2024): NovemberKata Kunci:
model Problem Based Learning, Google Classroom, kolaborasi, kreativitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Google Classroom untuk meningkatkan kolaborasi dan kreativitas peserta didik pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan non-equitevalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Ilmu Teknik Terapan yang ada di SMA Negeri 4 Mataram dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga diperoleh kelas XI IT 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IT 1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas ekperimen diberikan perlakuan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Google Classroom dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kolaborasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi yang diisi oleh observer, kreativitas diukur dengan menggunakan 7 soal uraian dan angket respon peserta didik dengan menggunakan angket skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan statistik parametrik MANOVA, hasil uji hipotesis terhadap variabel kolaborasi menunjukan signifikansi 0,004, pada variabel kreativitas menunjukan signifikansi 0,000, sementara pada kolaborasi dan kreativitas secara simultan menunjukan signifikansi 0,000. Dari data tersebut menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan Google Classroom dapat meningkatkan kolaborasi, model Problem Based Learning berbantuan Google Classroom dapat meningkatkan kreativitas, serta model Problem Based Learning berbantuan Google Classroom dapat meningkatkan kolaborasi dan kreativitas secara simultan kepada peserta didik terutama pada materi suhu dan kalor.Referensi
Abdullah, E. N. W., Sutrio, Ayub, S., & Doyan, A. (2023). Development of Problem Based Learning Model Tools with Google Classroom to Improve Students’ Mastery of Temperature and Heat Concepts. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 2906–2915. Doi: I: 10.29303/jppipa.v10i6.5205.
Aziz. R. (2018). Teori Riset Praktik Creative Learning. Malang: Edulitera.
Darmawan, D & Wahyudi. D. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Deswita., Ayub, S., & Doyan,A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal). 5(1), 150-155. Doi:https://doi.org/10.29303/geoscienceed.v5i2.314.
Dhia Ghina. R. (2017). Communication Effectiveness of Online Media Google Classroom in Supporting the Teaching and Learning Process at Civil Engineering University of Riau. JOM FISIP, 4(1), 1-15.
Fitriani, N., Gunawan., & Sutrio. (2017). Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1). 24-33. Doi: 10.29303/jpft.v3i1.319.
Hardianti.. H. (2023). Karakteristik Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Momentum dan Impuls: Perbandingan Classical Theory Test (CTT) dan Model RASCH. Wahana Pendidikan Fisika, 8(1). https://doi.org/10.17509/wapfi.v8i1.30958.
Indasari, D., Sutrio, S., & Makhrus, M. (2022). Students’ Problem Solving Skills in Learning Using Physics E-Learning Based on Google Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 8(2), 270–275. Doi: https://doi.org/10.29303/jpft.v8i2.4337
Makhrus, M., Ayub, S., Wahyudi., Verawati, N. N. P. S., & Busyairi, A. 2021. Improving of Students’ Critical Thinking Ability Through Learning Based on CCM-CCA Assisted Virtual Experiments on Optical Materials. Journal of Physics Conference Series, 1816(1):012004. Doi: 10.1088/1742-6596/1816/1/012004
Masruroh, L., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Melalui Pendekatan Science Education for Sustainability dalam Meningkatan Kemampuan Kolaborasi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), Article 2.
Nurwidodo, N., Wahyuni, S., Hindun, I., & Fauziah, N. (2024). The Effectiveness of Problem-Based Learning in Improving Creative Thinking Skills, Collaborative Skills and Environmental Literacy of Muhammadiyah Secondary School Students. Research and Development in Education (RaDEn), 4(1), 49–66. https://doi.org/10.22219/raden.v4i1.32123.
Rosana. S, Jumini. S, & Firdaus. (2022). Penggunaan Model PBL Berpendekatana STEM dalam Pembelajaran IPA Fisika terhadap Kreativitas Peserta Didik. Kappa Journal Program Studi Pendidikan Fisika, 6(2). 373-382.
Saleh, C. (2020). Konsep, Pengertian, dan Tujuan Kolaborasi. Pustaka Universitas Terbuka.
Sani, R.A. (2016). Demonstrasi dan Eksperimen Fisika. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2020). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sofyan. H, Wagiran. K.K, & Triwiyono. E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiarmi, W. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI-IPA pada Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri se-Kota Pati. Unnes Physics Education Journal (UPEJ), 5(2). 95-101. Doi: https://doi.org/10.15294/upej.v5i2.13628.
Sutrio, Makhrus. M, & Larasati. A. (2021). Pengaruh Pendekatan Konflik Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Gerak Lurus. Experiment: Journal of Science Education, 1(1), 1-5.
Wijaya, T. P., Mundilarto, & Wilujeng, I. (2024). Development of Problem Based Learning Collaborative (PBL-C) Physics E-Worksheet to Improve Student Problem Solving and Collaboration Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(1), 47–54. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i1.5284.
Young, H. D & Freedman.R.A. (2001). Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 1. Jakarta:Penerbit Erlangga.
Yusuf. N.R. Bektiarso, & Sudarti. (2020). Pengaruh Model PBL dengan Media Google Classroom terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. ORBITA Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, Vol. 6(2), 235.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.