Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik
Penulis
Baiq Andriani Saputri , Kosim , Muhammad Zuhdi , Syahrial AyubDOI:
10.29303/goescienceed.v5i3.386Diterbitkan:
2024-08-27Terbitan:
Vol 5 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
model pembelajaran berbasis masalah, simulasi PhET, kemampuan pemecahan masalahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi ekspriment dengan desain penelitian nonquivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Suralaga. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan sampling jenuh dengan kelas XI MIPA 2 sebanyak 23 orang sebagai kelas eksprimen dan kelas XI MIPA 1 sebanyak 23 sebagai kelas kontrol. Kelas eksprimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi PhET dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian sebanyak 5 butir soal. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% yang menghasilkan nilai t hitung kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik sebesar 2,61 lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 2,01 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan terdapat model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Hasil tersebut juga dibuktikan dengan nilai N-Gain peserta didik pada kelas eksprimen dengan kategori tinggi sebesar 0,80 dan nilai N-Gain peserta didik pada kelas kontrol dengan kategori sedang sebesar 0,70.Referensi
Aji, D.S. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika.Science Education Journal, 1 (1), 36-51.
Alfiah, S., & Dwikoranto, D. (2022). Penerapan model problem based learning berbantuan laboratorium virtual PhET untuk meningkatkan HOTs siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 9-18.
Alatas, F. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Aulia, I. M., Hikmawati., Susilawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 8(SpecialIssue), 52-57.
Ayub, S., & Doyan, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(2), 150-155.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal panajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.
Kosim, K., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 3(1), 17-26.
Kusdiastuti, M., Harjono, A., Gunawan, G., & Nisyah, M. (2019). Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 150-155.
Liana, L., Kosim, K., & Taufik, M. (2023). The Influence of the Problem-Based Learning Model Assisted by PhET Simulations on Students' Problem-Solving Abilities and Mastery of Physics Concepts. AMPLITUDO: Journal of Science and Technology Innovation, 2(2), 101-107.
Manik, D.S. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Labolatorium Virtual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA N 5 Medan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan. 5(2), 35-39.
Muazaroh, S., Natifa, R., Aulia, S., Laras, W. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Computer Simulation terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Catha: Journal of Creative and Innovative Research, 1(3), 75-83.
Munandar, H., Sutrio., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. 4(1), 111-120.
Nidda, I., Taufik, M., Wahyudi, W., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2355-2359.
Ridwan, Y. H., Zuhdi, M., Kosim, K., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 103-108.
Sahidu, H. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika (P3F). Mataram: FKIP UNRAM.
Siboro, A., & Panjaitan, J. (2021). Pengaruh Model PBL berbantuan phet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Pokok Elastisitas Dan Hukum Hooke Siswa Kelas Xi Semester I Sma Muhammadiyah 18 Sunggal TP 2019/2020. Jurnal Penelitian Fisikawan, 4(2), 31-36.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujarwanto, E., Hidayat A., & Wartono, W. (2014). Kemampuan Pemecahan masalah Fisika pada Modeling Instruction pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1), 65-78.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahya
Sofyan, H., Wagiran., Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.
Verdian, F., Jadid, M.A., & Rahmani, M.N. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF). 1(2), 39-44.
Wahyuni, I., & Tanjung, C. M. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Phet terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(1), 11-15.
Wulandari, A. S., Suma, K., & Mardana, I. B. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Terhadap Peningkatan LIterasi Sains Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 682– 689.
Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad ke 21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Ini Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad XXI (Vol. 21).
Zuhdi, M., & Gunada, I. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Berbantuan E-LKPD Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik: The Effect of SSCS Learning Model (Search, Solve, Create, and Share) Assisted by E-LKPD on Students' Mastery of Physics Concepts. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 6(1).
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.