Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Matari IPS Kelas VI SDN Lendang Ara
Penulis
Liliq Maharani , Muhammad Tahir , Muhammad SyazaliDOI:
10.29303/goescienceed.v5i3.372Diterbitkan:
2024-08-27Terbitan:
Vol 5 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Kesulitan Menjawab Soal, HOTS, IPSAbstrak
Peneliitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi IPS kelas VI SDN Lendang Ara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Lendang Ara sebanyak 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Instrumen tes yang diberikan sebanyak 17 butir soal pilihan ganda dan 3 butir soal uraian materi IPS berbasis HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS dilihat dari skor rata-rata tes sebesar 51,015 dimana skor tersebut dibawah KKM. Selain itu, didapatkan persentase kesulitan peserta didik menjawab soal C4 37,54%, persentase kesulitan menjawab soal C5 57,05% dan persentase kesulitan menjawab soal C6 72,48%. Adapun kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi IPS di SDN Lendang Ara diantaranya peserta didik kesulitan menganalisis soal, mengevaluasi soal memahami perintah soal, kesulitan memahami pilihan jawaban, kesulitan mengetahui arti kalimat, kesulitan menyesuaikan daftar kata pada soal dengan pilihan jawaban, kesulitan dalam memberikan saran atau solusi, kesulitan dalam menentukan pilihan jawaban, dan kesulitan konsentrasi dalam mengerjakan soal.Referensi
Afzal, A., Rafiq, S., & Kanwal, A. (2023). The influence of teacher-student relationships on students’academic achievement at university level. Gomal University Journal of Research, 39(1), 55-68.
Ahmad, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Alkhudiry, R. (2022). The contribution of Vygotsky’s sociocultural theory in mediating L2 knowledge co-construction. Theory and Practice in Language Studies, 12(10), 2117-2123. https://doi.org/10.17507/tpls.1210.19
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon.
Bernadetta, P. P. dkk. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (J. Simarmata (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Black, P., & Wiliam, D. (2010). Inside the black box: Raising standards through classroom assessment. Phi delta kappan, 92(1), 81-90.
Bores-García, D., Hortigüela-Alcalá, D., Fernandez-Rio, F. J., González-Calvo, G., & Barba-Martín, R. (2021). Research on cooperative learning in physical education: Systematic review of the last five years. Research quarterly for exercise and sport, 92(1), 146-155. https://doi.org/10.1080/02701367.2020.1719276
Darmayanti, R., Usmyatun, U., Setio, A., Sekaryanti, R., & Safitri, N. D. (2023). Application of Vygotsky Theory in High School Mathematics Learning Material Limit Functions. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 39-48.
Edgerton, J. D., Roberts, L. W., & Peter, T. (2013). Disparities in academic achievement: Assessing the role of habitus and practice. Social indicators research, 114, 303-322. https://doi.org/10.1007/s11205-012-0147-0
Göktaş, E., & Kaya, M. (2022). The effects of teacher relationships on student academic achievement: a second order meta-analysis. Participatory Educational Research, 10(1), 275-289. https://doi.org/10.17275/per.23.15.10.1
Gunawan. (2017). Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Sains. Mataram: Penerbit Arga Puji Press Mataram Lombok.
Hattie, J. (2023). Visible learning: The sequel: A synthesis of over 2,100 meta-analyses relating to achievement. Routledge.
Huang, Y. C. (2021). Comparison and contrast of Piaget and Vygotsky’s Theories. In 7th International Conference on Humanities and Social Science Research (ICHSSR 2021) (pp. 28-32). Atlantis Press.
Inge Ayudia, D. (2022). Pendidikan IPS Sekolah Dasar (Maisarah (ed.)). Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Issa, H. B., & Khataibeh, A. (2021). The Effect of Using Project Based Learning on Improving the Critical Thinking among Upper Basic Students from Teachers' Perspectives. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(2), 52-57. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.00
Jadoon, A. I., Khan, F., Syeda Tehmina Naz Bukhari, N. T. S., Gilani, S. Z., Ishfaq, U., & Ullah, M. (2022). Effect of teacher-student relationship on pro-social behavior and academic achievement of secondary school students. Indian Journal of Economics and Business, 21(1), 331-337.
Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2018). Buku Pegangan Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS ( Higher Order Thinking Skills.Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 1–10. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan
Kusumastuti, A. dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif (D. A. Nabila (ed.); 1st ed.). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Lestari, M. A. (2020). Bimbingan Konseling di SD (1st ed.). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Mensah, B., & Koomson, E. (2020). Linking teacher-student relationship to academic achievement of senior high school students. Social Education Research, 1(2), 102-108. https://doi.org/10.37256/ser.122020140
Nawangsari, N. S., Pujiastuti, P., & Gularso, D. (2022). The effect of project-based learning model on PGSD students’ critical thinking skill. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 19-27.
Pakpahan, F. H., & Saragih, M. (2022). Theory of cognitive development by jean Piaget. Journal of Applied Linguistics, 2(1), 55-60. https://doi.org/10.52622/joal.v2i2.79
Sama’, D. (2021). Psikologi Pendidikan (K. I. N. Ardiawan (ed.)). Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran (8th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Siska Yulia. (2016). Konsep Dasar IPS (W. Andri (ed.)). Penerbit Garudhawaca.
Siwi Utaminingtyas. (2020). Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thingking Skill (Hots) Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 84. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.84-98
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Setiawati, Wiwik, dkk . (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills.Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Situmorang, M., Sinaga, M., Sitorus, M., & Sudrajat, A. (2022). Implementation of project-based learning innovation to develop students’ critical thinking skills as a strategy to achieve analytical chemistry competencies. chemistry, 56(1), 41-51. https://doi.org/10.5530/ijper.56.1s.39
Sugiyonno. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif (10th ed.). Bandung: Alfabeta, cv.
Suparman, U. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik. Bandar Lampung: PUSAKA MEDIA
Tema, M., Negeriku, K., Hots, S., Salikin, Q., & Tahir, M. (2022). Standar Isi , Bahasa , dan Penyajian Buku Tematik Terbitan. 4(2).
Zhang, J. (2022). The Influence of Piaget in the Field of Learning Science. Higher Education Studies, 12(3), 162-168. https://doi.org/10.5539/hes.v12n3p162
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.