Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon Berbasis Kudapan Khas Suku Sasak pada Muatan Pelajaran IPA Kelas 5 SDN 1 Lembuak
Penulis
Nurul Hidayati , Siti Istiningsih , Muhammad Erfan , Nurul Kemala DewiDOI:
10.29303/goescienceed.v5i3.368Diterbitkan:
2024-08-27Terbitan:
Vol 5 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Pengembangan, Audio Visual, Powtoon, ADDIEAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon Berbasis Kudapan Khas Suku Sasak yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tahapan dalam pengembangan media pembelajaran yaitu: 1) analisis: menganalisis kebutuhan, 2) Desain: merancang produk yang dikembangkan, membuat storyboard dan naskah video, 3) Pengembangan: pembuatan dan pengembangan dari rancangan storyboard dan naskah video dan validasi. Hasil validasi ahli media sebesar 84 % dengan kategori sangat valid dan ahli materi 72% dengan kategori valid. 4) Implementasi: dilakukan penerapan media pembelajaran untuk mengetahui kepraktisan dan efektifitas. Uji coba untuk mengetahui kepraktisan media yaitu menggunakan kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 93,33% dengan kategori sangat praktis dan uji coba kelompok besar 89,68% dengan kategori sangat praktis. 5) Evaluasi: dilakukan penilaian terhadap hasil evaluasi siswa untuk melihat efektivitas produk. Berdasarkan hasil Uji N-Sign Score hasil perhitungan nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 80,11 % dengan kategori efektif. Maka dapat disimpulkan media pembelajaran audio visual Powtoon berbasis kudapan khas suku sasak efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada muatan pelajaran IPA kelas 5 SDN 1 Lembuak.Referensi
Aeniyah, W., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Putra Jaya. Jurnal Educatio, 889-890.
Afrizal, D., Kusniawan, W., Tartiburrohman, F., Fajrul, M., Munauwarah, R., & Setiawan, F. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Perkembangan dan Peningkatan Profesional Profesi Guru. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 219.
Amnda, V., & Wirdati. (2021). Pengaruh Media Audio Visual pada Materi Shalat terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam, 556.
Aisyah, N., Supriyani, Y., & Hawaliyah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Komputer Interaktif dan Metode Demonstrasi. Jurnal Ideas , 12.
Asih, A. T., Yudiana, K., & Ujianti, P. R. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 377.
Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Islamic Education Journal, 37.
Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., & Ratu, T. (2020). Profil Kemampuan Pembedaan Rangkaian Seri dan Paralel Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 14.
Erfan, M., Widodo, A., Umar, Radiusman, & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi "Kata Fisika" Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Jurnal Pendidikan, 32-33.
Fadli, M. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dengan Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Tema Perubahan Cuaca Dikelas 3 SD. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1445-1462.
Firdhiana, S., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Mengenal Jajanan Khas Kota Probolinggo Sebagai Media Edukasi Anak Usi 6-12 Tahun. Jurnal Barik.
Handika, Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinnya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 132-136.
Hanipah, A., & Saputra, E. R. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV. Jurnal Pedagogik, 58.
Hardiana, B. N., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak Pada Materi Bahasa Indonesia Kelas II SDN 7 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Istiningsih, S., Darmiany, Astria, F. P., & Erfan, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Di Era New Normal. Journal Of Elementary Education, 913-914.
Istiningsih, S., Darmiany, Dwi, M. O., A., P. D., & Nurmawanti, I. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Pop Up Box Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Cerita Fiksi Untuk Pendidikan Inklusi Kelas IV SD Negeri 1 Darek. Jurnal Elementary, 18.
Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berupa Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan.
Kriswanto, H., Maria, P., Adinuhgra, S., & Widhianti, G. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Audio Visual Dalam Menciptakan Semangat Belajar SEKAMI. Jurnal Pastoral Kateketik, 51.
Maulidah, S., Nulhakim, L., & Hendracipta, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Menggunakan Powtoon. Jurnal Ilmiah Indonesia.
Nisaurrahman, A., Sukmanasa, E., & Novita, L. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Powtoon Pada Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Keakayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 3. Jurnal Ilmiah PGSD, 1208.
Nur, A. M., Djirong, A., & Arifin, I. (2020). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Jajanan Tradisional Khas Sulawesi Selatan di Kota Makassar. Jurnal Seni Rupa dan Desain.
Putri, M. S., Tahir, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon pada Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Semester II Kelas 1 SDN 25 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 237.
Rahmadhani, V. A., & Quro, U. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Animaker Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas.
Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhamadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmiah wahana Pendidikan, 357.
Simanjuntak, K., & Siregar, R. S. (2022). Perkembangan Kognitif Peserta Didik dan Implementasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 119.
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 109.
Syifa, N., & Julia, J. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Inovasi Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi Sebagai Alat Bantu Pencapaian Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 283.
Ulwawiyah, L. I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dan Implementasi Online Assesment pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D & 3D untuk kelas XI MM di SMKN 1 Soko Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.