Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PBL untuk Meningkatkan KPM Fisika Siswa
Penulis
Ulfa Dwiyanti , Muh. Makhrus , Muhammad Taufik , Jannatin 'ArdhuhaDOI:
10.29303/goescienceed.v5i3.358Diterbitkan:
2024-08-27Terbitan:
Vol 5 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Multimedia interaktif, problem based learning, kemampuan pemecahan masalahAbstrak
Riset pengembangan ini dilakukan guna menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis PBL dan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan KPM siswa yang layak, praktis, dan efektif pada materi teori kinetik gas. Jenis riset ini termasuk ke dalam Research and Development (R&D) dengan model yang dipakai yaitu 4D dengan tahapannya yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk multimedia interaktif berbasis PBL dihasilkan dalam bentuk media pembelajaran berupa aplikasi android dan web. Produk lain yang dihasilkan perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM). Metode pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket tanggapan siswa, dan instrumen tes KPM. Kelayakan produk diukur oleh validator ahli dan praktisi, kemudian dilakukan pengkajian dengan skala Linker. Kepraktisan pembelajaran diukur dari lembar pengamatan yang dinilai guru dan angket tanggapan siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Keefektifan diukur dari hasil peningkatan skor tes awal dan tes akhir pada uji coba skala terbatas yang dianalisis melalui uji N-gain. Produk hasil riset pengembangan ini memperoleh rata-rata persentase validasi sebesar 87,50%, dengan kriteria sangat valid dan rata-rata reliabilitas lebih dari 75%, sehingga produk tersebut layak digunakan. Praktikalitas produk memperoleh persentase sebesar 87,50% yang dinilai oleh guru dan 81,20% yang dinilai oleh siswa, keduanya memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil yang diperoleh dari uji N-gain untuk KPM siswa sebesar 0,66 dengan kriteria sedang yang menyatakan cukup efektif. Kesimpulannya bahwa produk yang dihasilkan layak, sangat praktis, dan cukup efektif untuk meningkatkan KPM fisika siswa.Referensi
Ansumarwaty, F., 'Ardhuha, J., Hikmawati, H., & Makhrus, M. (2023). Development of Student Worksheet for Sound Waves Based on Project Based Learning Model to Improve Students’ Science Literacy . Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6255–6264. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4651.
Aripin, W. A., Sahidu, H., & Makhrus, M. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v3i1.120.
Arsanti, M., Zulaeha, I., & Subiyantoro, S., S, N. H. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (2021), 319-324. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/895/775.
Atika, A., Kosim, K., Sutrio, S., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 13–17. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.381.
Dwiyanti, U., Makhrus, M., & Taufik, M. (2023, December). Studi Pendahuluan: Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis PBL Guna Meningkatkan KPM Fisika Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (Vol. 2, No. 1, pp. 542-551). Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/3349.
Gunawan, Harjono, A., Herayanti, L., & Husein, S. (2019). Problem-Based Learning Approach with Supported Interactive Multimedia in Physics Course: Its Effects on Critical Thinking Disposition. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1075-1089. DOI: http://dx.doi.org/10.17478/jegys.627162.
Hamdani, S. A., Prima, E. C., Agustin, R. R., Feranie, S., & Sugiana, A. (2022). Development of Android-Based Interactive Multimedia to Enhance Critical Thinking Skills in Learning Matters. Journal of Science Learning, 5(1), 103-114. https://doi.org/10.17509/jsl.v5i1.33998.
Helaluddin, H., Rante, S. V. N., & Tulak, H. (2020). Penelitian & Pengembangan: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik dalam Bidang Pendidikan. Media Madani.
Juliarti, L., Sutrio, & Taufik, M. (2022). Pengembangan Modul Momentum Dan Impuls Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika (ORBITA), 8(2), 355-362. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10920.
Kusumawadi, M.A., Zuhdi, M., & Wahyudi. Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Peserta Didik. (2020). Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1(3), 116–125. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijast/article/view/596.
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2018). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20.
Makhrus, M., Harjono., A., Syukur, A., Bahri, S & Muntari. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 66-72. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171.
Makhrus, M., Wahyudi, W., Taufik, M., & Zuhdi, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis CCM-CCA Pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 54–58. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1441.
Ministry of Education and Culture. (2017). Guide to Implementing 21st Century Skills Curriculum 2013 in High School. Jakarta: PSMA Directorate General of Primary and Secondary Education.
Mudhofir, F., Cahyono, E., Saptono, S., & Sulhadi. (2022). How to Improve Problem Solving Ability in Learning Physics: A Systematic Review. ISET: International Conference on Science, Education and Technology (2022), 654-666. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/ISET/article/view/1819.
Nurjannah, E., Ayub, S., Doyan, A., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Generik Sains Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika. 2(1): 21-25. 10.29303/goescienceedu.v2i1.127.
Oksaviona, V., Islami, N. ., & Nasir, M. . (2023). Development of PBL-Based Sound Wave Interactive Multimedia Using Lumi for Class XI High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8008–8015. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.4426.
Ramadayanty, M., Sutarno, & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Reprsentation Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17-24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24.
Solikha, N., & Rasyida, I. (2020). Efektifitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa X IPS MAN Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31-42. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:229140203.
Stefani, S. T., & Haryudo, S. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(2), 193-200. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p193-200.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Verawati, N. N. S. P., Iswara, A., & Wahyudi, W. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 10(1), 1-7. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v10i1.5606.
Widiawati, R., Hikmawati., & ‘Ardhuha, J. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1803-1810. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.857.
Yunita, R. ., Gunawan, G., Harjono, A. ., & Kosim, K. (2023). Development of Android-Based Interactive Multimedia for Secondary School Physics Study. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 9(1), 28–35. https://doi.org/10.29303/jpft.v9i1.4717.
Zuhdi, M., Makhrus, M. ., Wahyudi, W., Busyairi, A. ., & Haerunnisa, H. (2022). Development of Learning Instrument to Increase Student’s Physics Concept Mastery Through Conflict Cognitive Approach . Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(5), 2547–2550. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.2348.
Zuhdi, M., Makhrus, M., Wahyudi, W., Busyairi, A., & Haerunnisa, H. (2022). Development of Learning Instrument to Increase Student’s Physics Concept Mastery Through Conflict Cognitive Approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(5), 2547–2550. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.2348.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.