Efektivitas Penggunaan Media Big Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN Pannara Kota Makassar
Penulis
Jenab JenabDOI:
10.29303/goescienceed.v4i2.334Diterbitkan:
2023-12-30Terbitan:
Vol 4 No 2 (2023): DecemberKata Kunci:
IPA, Media Big Book, Hasil BelajarAbstrak
Siswa kesulitan dalam memahami materi karena penggunaan metode ceramah atau model pembelajaran konvensional dan media yang digunakan tidak menarik sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal.. Tujuan penelitian : Untuk mengetahui apakah penggunaan media big book efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Pannara. Jenis penelitian : Eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Instrumen penelitian : Tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data : Analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Hasil penelitian : Penggunaan media Big Book terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN Pannara Kota Makassar. Hal ini dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan hasil nilai signifikansi 0,000 < α 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Dimana H1 menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA dalam penggunaan media Big Book pada peserta didik kelas V SDN pannara sementara H0 menyatakan tidak terdapat meningkatkan hasil belajar dalam penggunaan media Big Book pada peserta didik kelas V SDN pannara. Hal ini juga dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari 63,125 (pretest) menjadi 90,313 (posttest). Kesimpulan : Penggunaan media big book terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN Pannara sehingga disarankan kepada para pengajar khususnya guru-guru IPA agar mempertimbangkan penggunaan media big book dalam pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih menarik.Referensi
Amin, A. K. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51-64.
Anggraeni, K. (2016). Efektivitas metode steinberg dengan media Big Book terhadap keterampilan membaca nyaring. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1), 83-94.
Anggraeni, Krisna ( 201 ) Efektivitas Metode Steinberg Dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring, Jurnal Cakrawala Pendas, (Vol. 2, NO. 1 Januari 201),hlm. 85. Awal, h. 44-46.
Ayu Astari Fajar. dkk, 2018, Efektifitas Penggunaan Model Discivery Learning Dan Model Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Volume 2, No. 1. H. 4-5.
Clark & Mayer (2017) faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan sebuah pembelajaran
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model
STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan
Konseptual, 1(1), 16-23.
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 237-246.
Hamalik,Oemar. Media Pendidikan (Bandung : Citra Aditiya, 1989), h. 12. Jalmur, Nizwaldi. Media dan Sumber Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2016), h. 4.
HS, E. F. H., Khaedar, M., & Asriati, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres Borong Jambu Ii Kota Makassar. Celebes Education Review, 1(1), 59-69.
Khotimah, Khusnul. Penggunaan Media Big Book Dan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Materi Peristiwa Alam IPA SiswaKelas I MI NU Al Ma‟arif Blimbingrejo Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Semarang: UIN Walisongo. 2016
Mahnun, Nunu. “Media Pembelajaran: Kajian Terhadap LangkahLangkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran”, Jurnal Pemikiran Islam, (Vol. 3, No. 1, Tahun 2012), hlm 27.
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna:
Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 6078.
Mardiyan, R. (2012). Peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi materi jurnal penyesuaian pada siswa kelas xi ips 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan metode bermain peran (role playing). Pakar Pendidikan, 10(2), 151-162.
Olivia, Femi. Tools For Study Kills, Tehnik Membaca Efektif Menciptakan Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Semarang: UIN Walisongo. 2016 Pendidikan Dasar), 6(1), 58-68.
Repoblik Indonesia, Undang-Undang tahun 2003, BaB II, pasal 3 Rusli, Muhammad. Multimedia Pembelajaran Yang Inovatif: Prinsip Dasar Dan Model Pengembangan, (Yogyakarta: CV Andi Ofset, 2017), h.7.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.
Risma, Olynda Ade..PeningkatanMinat Dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Progam Jam Baca Sekolah Di Kelas VII SMP Negeri 1 Puri.Skripsi. Malang: UNM. 2012
Septiyani, S., & Kurniah, N. (2017). Pengaruh media big book terhadap kemampuan berbicara pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 4756.
Sudiarti, S., US, K. A., & Saleh, A. S. (2020). Sistem Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dipengaruhi oleh Politik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 1-13.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabetha, 2018), hlm. 54
Sulaiman, U. (2017). Pengaruh penggunaan media big book dalam pembelajaran terhadap keterampilan literasi siswa kelas awal madrasah ibtidaiyah negeri Banta-Bantaeng Makassar. Al-Kalam, 9(2).
Supardi, R., Khaedar, M., & Alam, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban Murid Di Kelas V Sd Inpres Bangkala I11
Suwardi, D. R. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
USAID (2014 : 44), Buku Sumber Untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas
Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot
Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 Di Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46-57.
Yulita, H. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas dan motivasi mahasiswa dalam menggunakan metode pembelajaran e-learning. Business Management Journal, 10(1).
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.