Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Alat Musik Sarone Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi
Penulis
Febiyanti Ansumarwaty , Agus Abhi Purwoko , Burhanuddin , Joni Rokhmat , Satutik RahayuDOI:
10.29303/goescienceed.v5i2.315Diterbitkan:
2024-05-30Terbitan:
Vol 5 No 2 (2024): MayKata Kunci:
Model PjBL, alat musik sarone, kemampuan berpikir kritis, motivasi berprestasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan perangkat pembelajaran berbasis model project based learning (PjBL) berbantuan alat musik sarone terhadap kemampuan berpikir kritis (2) pengaruh model PjBL berbantuan alat musik sarone terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pretest-posstest control group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Lembar tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 117 peserta didik. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X1 MIPA 1 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 peserta didik. Perangkat pembelajaran di validasi terlebih dahulu oleh 3 validator ahli dan 2 validator praktisi. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model PjBL berbantuan alat musik sarone sedangkan kelas kontrol menggunakan model direct instruction. Data diambil menggunakan tes soal uraian untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dan angket untuk mengetahui motivasi berprestasi peserta didik. Hasil tes akhir kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 67,2 kategori sedang dan kelas kontrol 59,5 kategori rendah. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji ANCOVA satu jalan dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran layak digunakan, 2) terdapat pengaruh model PjBL berbantuan alat musik sarone terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 0,002<0,05, 3) terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 0,000<0,05.Referensi
Anggreni, D, L., Jampel, N, I., Diputra, S, K. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Penilaian Portofolio terhadap Literasi Sains. Jurnal Mimbar Ilmu, 25 (1) : 45-47.
Ansumarwaty, F., ’Ardhuha, J., Hikmawati., Makhrus, M. (2023). Development of Student Worksheet for Sound Waves Based on Project Based Learning Model to Improve Students' Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9 (8) : 6255.
Arif, F, S, D., Zaenuri., Cahyono, N, A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Astuti, D, A, I., Sumarni, A, R., Saraswati, L, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3 (1) : 58.
Badar, I, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenademedia Group.
Barlenti, I., Hasan, M., Mahidin. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5 (1).
Dewi, S, M, K., Suwatra, W, I., Suarjana, M. (2018). Kontribusi Disiplin Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 2 (2) : 153.
Dwiyanti, E., & Dada., R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 4 (2): 45-57.
Elisabet, Stefanus C. Relmasira, Hardin, A, T, A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3 (3).
Ennis, H, R. (2013). Theory Into Practice Critical Thinking Assessment. England : University of Birmingham.
Fitri, H., Dayan, W, I., Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual, 3 (2).
Fitriani, W, Haryanto, Atmojo, E, S. (2020). Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan, 5 (6):831.
Harahap, S, H., Hrp, A, N., Nasution, B, I. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat dan Perhatian Orang Tua terhadap Kemandirian Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (4) : 1134.
Izzania, M, S, D, R., Winarni, W, E., Koto, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PJBL Terintegrasi STEAM untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4 (2).
Jalaluddin. (2016). Model-model Pembelajaran dan Implementasi dalam RPP. Palembang: Media Mutiara Lentera.
Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar – Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : MLC.
Kokotsaki, D., Menzies, D., and Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Journal of Improving School, 19(3), 267-277.
Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6 (3) : 273.
Lipson, A., Epstein, A, W., Bras, R., Hodges, K. (2007). Students’ Perceptions of Terrascope, A Project-Based Freshman Learning Community. Journal of Science Education and Technology.16 (4): 349-364.
Maslow, H, A. (1954). Motivation and Personality. New York: Harper and Brothers
Masrurotullaily., Hobri., Suharto. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa SMK Negeri 6 Jember. Kadikna. 4(2).
McClelland, D, C. (1987). Human Motivation. New York: The Press Syndicate of The University of Chambridge.
Mohamadi, Z. (2018). Comparative Effect of Project-Based Learning and Electronic Project-Based Learning on the Development and Sustained Development of English Idiom Knowledge. Journal of Comput High Education, 30(1), 363-385.
Nainggalon, S, S., Johan, P, H, D., Purwanto, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar di SMAN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14 (1) : 40.
Naj’iyah, L, A., Suyatna, A., Abdurrahman. (2020). Modul Interaktif Efek Fotolistrik berbasis Lcds untuk Menstimulus Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 8 (1) :82.
Nugraha, J, A., Suyitno, H., Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6 (1).
Nurtikawati., Rustiani, W, K., Hadi, T, A. (2022). Inventarisasi Alat Musik Tradisional Berbahan Dasar Bambu di Museum Sulawesi Tenggara. Communnity Development Journal, 3 (3) : 2170.
Oktariani., Febliza, A., Fauziah, N. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia sebagai Kesiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Journal of Natural Science and Integration, 3 (2) : 123.
Parwati, W, N., Suarni, K, N., Suastra, W, I., Adnyana, B, P. (2019). The Effect of Project Based Learning and Authentic Assessment on Students’ Natural Science Learning Outcome by Controlling Critical Thinking Skill. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Series 1318.
Permata, D, M., Koto, I., Sakti, I. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1 (1).
Purwanto, W, N. (2009). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Putri, H, R., Lesmono, D, A, Aristya, D, P. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6 (2) : 168.
Riduwan, R. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rositawati, N, D. (2018). Kajian Berpikir Kritis pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), E-ISSN: 2548-8325 / P-ISSN.
Sahidu, H. (2019). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika (P3F). Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Sakti, I., Nirwana., Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4 (1).
Santyasa. (2006). Pembelajaran Inovatif: Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Orientasi NOS. Seminar Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
Serway, A. R., Vuille., Chris. (2009). College Physics, Eight Edition. U.S: Raymond A..
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Malang : Pranadamedia Group.
Sriyansyah, P, S., Anwar, K. (2021). Pembelajaran Gelombang Bunyi Menggunakan Alat Musik Suling dan Gawai pada Pelajaran IPA SMP di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Natural Science and Integration, 4 (2) : 178.
Staacks, S., Hűtz, S., Heinke, H., Stampfer, C. (2018). Advanced Tools for Smartphone-based Experiment: Phypox. Physics Education, 53 (4), 045009.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Sukmana, K, I., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5).
Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suranti, N. M. Y., Gunawan., Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2): 73-79.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual. Lampung: Universitas Lampung.
Uno, B, H,. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Utama, D, O, K., Sukaswanto. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2 (2) : 89.
Wijanarko, A., G., Kasmadi I. S., Putut, M. (2017). Keefektifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education. 6 (2): 120-125.
Wismaningati, P., Murbangun, N., Triastuti, S., Sunarko, E. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Koloid Berbasis Proyek Bervisi Stes. Jurnal Kimia FMIPA. 13 (1): 2287-2294.
Yeritia, S., Wahyudi., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X Sman 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurrnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2): 2407-6902.
Zang, J., Kim, Y., Dong, J. (2022). New Evidence on Technological Acceptance Model in Preschool Education: Linking Project Based Learning (PBL), Mental Health, and Semi Immersive Virtual Reality with Learning Performance. Poland : UTP University of Science and Technology.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.