The Pengembangan LKPD Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran IPAS Topik Bagian Tubuh Tumbuhan
Penulis
Aulia Aulia , Muhammad Erfan , Muhammad Syazali , Hasnawati HasnawatiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1394Diterbitkan:
2025-08-30Terbitan:
Vol 6 No 3 (2025): AgustusKata Kunci:
LKPD, Augmented Reality, IPAS, Bagian Tubuh TumbuhanAbstrak
Pemahaman peserta didik terhadap topik bagian tubuh tumbuhan di kelas IV SDN 31 Cakranegara masih rendah dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang bersifat konvensional dan kurangnya media visual interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan LKPD terintegrasi Augmented Reality dalam pembelajaran IPAS topik bagian tubuh tumbuhan kelas IV SDN 31 Cakranegara berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN 31 Cakranegara yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan LKPD sangat valid dengan skor 0,816 dari ahli materi dan 0,875 dari ahli media. Media LKPD juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon peserta didik sebesar 87,66% (kelompok kecil) dan 82,73% (kelompok besar), serta respon guru sebesar 84,62%. Uji keefektifan LKPD menunjukkan nilai N-Gain sebesar 61,75% dalam kategori efektif. Berdasarkan hal tersebut maka LKPD terintegrasi Augmented Reality yang dikembangkan terbukti valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS topik bagian tubuh tumbuhan. Keywords: LKPD, Augmented Reality, IPAS, Bagian Tubuh TumbuhanReferensi
Abdullah, A. H. (2023). Pemanfaatan Fitur Hyperlink pada Powerpoint dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Tingkat Madrasah Tsanawiyah Lumajang. Prosiding Konferensi Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Arab, 3, 2828–5603.
Aditrisna, D., Witono, H., & Nisa, K. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus 4 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 455–460.
Amril, A., Darniyanti, Y., & Sapitri, D. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9593–9607.
Andriani, A., Ayu Saputri, D., Hopipah, R., & Puspa Dewi, T. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 63/X Nibung Putih. Journal on Teacher Education, 5(3), 215–222. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.23657
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bakri, F., Wulandari, S., & Muliyati, D. (2020). Students Worksheet with Augmented Reality Media: Scaffolding Higher Order Thinking Skills of High School Students on Uniform Accelerated Motion Topic. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022040
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (1 ed., Vol. 722). Springer.
Burhanuddin, I., & Sukirman, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Flowchart. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 479–488.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Diana, A., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam untuk Kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 141–150.
Erfan, M., Dewi, N. K., Istiningsih, S., Wahyuningsih, B. Y., Aulia, A., & Aulia, A. R. (2025). Workshop Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Object 3D dan Augmented Reality Bagi Guru SDN 31 Cakranegara. Abdimas Mandalika, 4(3), 129–136.
Faridah, F., Oya, A., Suryaningsih, S., & Fauzi, A. (2024). Keterlibatan Siswa Melalui Metode Pembelajaran Interaktif Dan Teknik Penilaian Inovatif Di Sekolah Dasar: Analisis Bibliometrik. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 16–30.
Hadi, S., & Hermawan, A. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Taktis Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Simki Pedagogia, 7(2), 436–447. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i2.693
Heinich, & Et, A. (2020). Instructional Media and Technology for Learning. International Journal of Distributed and Parallel Systems, 3, 8.
Indriani, D., Hindriana, A. F., & Sulistyono, S. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality dalam Metode Praktikum Materi Organ Indera untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa dan Keterampilan Proses Sains. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 8(1), 97–107. https://doi.org/10.31949/be.v8i1.4584
Kelandia, I., Ilhamdi, M. L., Amrullah, L. W. Z., & Syazali, M. (2025). Pengembangan Media Komik Muatan IPAS Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas V SDN 27 Cakranegara. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 121–130.
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka (Nomor 021). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Khairunnisa, K., & Ain, S. Q. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5519–5530. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3198
Küçük, S., Kapakin, S., & Göktaş, Y. (2016). Learning anatomy via mobile augmented reality: Effects on achievement and cognitive load. Anatomical Sciences Education, 9(5), 411–421. https://doi.org/10.1002/ase.1603
Mayer, R. E. (2024). The Past, Present, and Future of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 36(1), 1–25. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09842-1
Naomi Trias Hapsari Putri, Sri Sumaryati, L. N. (2024). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi terhadap Partisipasi Peserta Didik pada Pembelajaran Penyusunan. Jurnal Transaksi. 10(1), 15–23.
Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., & Koole, M. (2020). Online University Teaching During and After the Covid-19 Crisis: Refocusing Teacher Presence and Learning Activity. Postdigital Science and Education, 2(3), 923–945. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00155-y
Rizki, D. A. A., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan LKPD Online Berbasis Kontekstual untuk Kelas III SDN 9 Mataram. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 312–322.
Sari, I. N., & Sulisworo, D. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 1.
Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality pada Guru SDN 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898–905.
Shidiqqa, Q. Q. A., Hasanah, S. A., Daud, M. R. B., & Rustini, T. (2025). Efektivitas Media Video Interaktif dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa SD dalam Pembelajaran di SDN 090 Cibiru. Edukreatif: Jurnal Kreativitas dalam Pendidikan, 6(3).
Supriyani, N. K. R., & Winangun, I. M. A. (2024). Strategi Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Agama Dan Budaya, 8(2), 199–207. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/index
Tressyalina, T., Noveria, E., Arief, E., Wulandari, E., & Ramadani, N. T. (2023). Analisis Kebutuhan E-LKPD Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Teks Eksposisi. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i1.1
Utama, K. W., Rahayu, M. K., Azizah, L. F., Winarti, Sitopu, J. W., & Wiliyanti, V. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajara, 6(3), 7813–7821. https://www.medigraphic.com/pdfs/educacion/cem-2017/cem172y.pdf
Wininger, S. R., Redifer, J. L., Norman, A. D., & Ryle, M. K. (2019). Prevalence of learning Styles in Educational Psychology and Introduction to Education Textbooks: A Content Analysis. Psychology Learning & Teaching, 18(3), 221–243.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.