Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Enviroment Berbantuan Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS KELAS IV SDN 20 Ampenan
Penulis
nurmajiana_ yana , Asri Fauzi , Husniati HusniatiDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1334Diterbitkan:
2025-08-30Terbitan:
Vol 6 No 3 (2025): AgustusKata Kunci:
Model pembelajaran Self Organized Learning Enviroment, Minat Belajar, Pembelajaran IPASAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangin minat belajar peserta didik ditandai dengan hasil ulangan pada pembelajaran IPAS yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran Self Organized Learning Enviroment berbantuan media Quizizz dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS SDN 20 Ampenan. Metode penelitian ini adalah kuantitafif, jenis kuasi eksperimen dengan desain pre-test post-test control grup design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan pre-test dan post-test berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Self Organized Learning Enviroment Berbantuan Media Quizizz dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS SDN 20 Ampenan cukup efektif. Hal ini dilihat dari nilai Ngain sebesar 65,10 berada dalam kategori cukup efektif dan nilai pre-test sebesar 58,46 dan nilai post-test sebesar 85,3 yang menunjukkan adanya peningkatan minat belajar yang signifikan. Kata Kunci : Model pembelajaran Self Organized Learning Enviroment, Minat Belajar, Pembelajaran IPASReferensi
Abdullah, K., Jannah, M., aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Anggraeni, H., Al Habib, I. M., & Putri, H. R. (2025). Efektivitas Quizizz Sebagai Media Evaluasi Sumatif Materi Bioteknologi Kelas X MA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(3), 2185-2190.
Arifuddin, M. (2022). e-ISSN: 2807-8632 Published by : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 1102–1112. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id
Asmawati, L., Hidayat, S., & Atikah, C. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organizing Learning Environment (SOLE) Terhadap Kemampuan Literasi Guru PAUD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p90--106
Athifah, N., Moh. Irawan, Z., & Ida, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun. Jurnal of Classroom Action Research,4(3), 197-195. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2063
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203-3213.
Dian Ratnahandayani. “Pengaruh Model Self-Organised Learning Environment (Sole) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Di Sma,” 30 Januari 2023. Https://Repository.Unej.Ac.Id/Xmlui/Handle/123456789/124272.
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Ferdianto, J. (2023). Pengaruh Pembelajaran SOLE terhadap Kemampuan Analisis dan Kemamapuan Komunikasi Matematis. Universitas Negeri Raden Intan Lampung. https://doi.org/10.24014/.v2i3.7813
Firdaus, M. F. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Model SOLE Saat Pandemic Covid-19. Jurnal Foundasia UNY, 12(21). https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.37786
Gunadi, G., Haryono, H., & Purwanti, E. (2022). The Analysis of 21st Century Learning Implementation and Competency Achievement of Junior High School Students in 3T Regions. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 11(1), 10–18. https://doi.org/10.15294/ijcet.v11i1.44847
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Software Delphi dan Geogebra. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 139–152. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5088
Marlina, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 70-78.
Matovani, D. S., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran sole (self organized learning environment) menggunakan media quiziz terhadap pemahaman konsep. Journal of Classroom Action Research, 4(4).
Purnomo, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Sole Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pjj Mata Pelajaran Geografi Di Sman 1 Purwantoro: Application Of Sole Learning Model To Increase Interest And Learning Outcomes Of Geographic Lessons At Sman 1 Purwantoro. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 169-176.
Sari, S. K., & Erwin, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SOLE Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Kelas III. Jurnal Basicedu, 6(4), 6599-6604.
Saskia, A., & Amrullah, L. W. Z. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnosains Pada Pembelajaran IPAS Materi Gaya Disekitar Kita Untuk Siswa Kelas IV SDN 31 Cakranegara. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 122-135.
Septian Dini, E., Wahyudi, E., & Sari, N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (Sole) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ipas di Sdn Tambah Asri Musi Rawas (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup).
Sitepu, Y. A. B. (2025). Pengembangan Media Lkpd Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pembelajaran Ipas Kelas Iii Sd Negeri 068003 Medan Tuntungan TA 2024/2025 (Doctoral dissertation, Universitas Quality).
Suciati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 321-328.
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599-603.
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV
Yuliandini, A., Rosidik, I., & Wulandari, N. P. (2025). Implementasi Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN 4 Kuranji. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 202-208.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.