Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN 1 Barejulat
Penulis
shofiana shofiana , Khairun Nisa , Asri FauziDOI:
10.29303/goescienceed.v6i3.1314Diterbitkan:
2025-08-20Terbitan:
Vol 6 No 3 (2025): AgustusKata Kunci:
Inside Outside Circle, Berpikir Kritis, Pendidikan PancasilaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan Pancasila Kelas V SDN 1 Barejulat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain Nonequevalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 43 siswa yang terdiri dari kelas VA (22 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas VB (21 orang) sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji Shapiro-wilk menunjukkan data berdistribusi normal karena nilai sig. > 0,05, selanjutnya uji homogenitas memperoleh nilai sig. > 0,05 yang artinya data bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test memperoleh nilai sebesar 0,001 < 0,005 dan nilai thitung > ttabel yaitu 6,579 > 1.683, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan berpikir kritis. Adapun hasil uji N-Gain kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 0,63 yang termasuk dalam kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan Pancasila Kelas V SDN 1 Barejulat.Referensi
Ainiyah, E.S., & Reza, R. (2024). Model Inside Outside Circle Terhadap Pemahaman Literasi Moral Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Indopedia, 2(2): 625-632. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/viw/338
Akhyar, S. M., & Dewi, D. A., (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi Kewarganegaraan, 6(1):1541–1546.
Amin, A., & Sumendap, L. Y. S. ( 2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM.
Cahyani, I. R., Sobri, M., & Angga, P. D. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di SDN 4 Ampenan Tahun Ajaran 2024/2025. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2):221–235. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25678
Darmawan, E., Yusnaeni, Y., Ismirawati, N., & Ristanto, R. H. (2021). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.
Dermawan, D. D., & Maulana, P. (2023). Analisis Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKN Di Sekolah Dasar. Elementaria Edukasia, 6(4):1571–1579. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7153.
Djafar, S., S, P., Hafsyah, H., S, R., & Firdiani, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle ( IOC ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMAN 2 Enrekang. Journal on Education, 6(1):2129–2138. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3209
Fauzi, A., Ermiana, I., Rosyidah, A. N. K., & Sobri, M. (2023). Efektivitas Pembelajaran Case Method Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1): 15-33. https://doi.org/1021070/pedagogia.v11i1.1544
Handayani, S. (2021). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Kreatifitas Dan Keaktifan Peserta Didik Di Sekolah. Mataram: Sanabil.
Hanipah, H., Nisa, K., & Angga, P. D. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Journal of Classroom Action Research, 6(4):782–791. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.9617
Hidayat, W. (2021). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Kependidikan Dasar, 1-9
Huda, M. (2014). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur Dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif Untuk PPKN Jenjang Sekolah Dasar. ELSE: Elementary School Education Journal, 4(1) : 9-19. http://dx.doi.org/10.30651/else.v4i1.3970
Khoiriyah, R., Shodikin, A., & Haryono, H. E. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle ( IOC ) Dengan Menggunakan Media Cbc ( Cube Beam Color ). Inspiramatika, 5(1):22–33.
Khoirunnisa, F., & Sabekti, A. W. (2020). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1):26–31. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.25635
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1):13–18. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Lase, I., & Laoli, E. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dan Student Teams Achievement Division Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Swasta Idanoi Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2):18275–18281. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9260
Manaf, A. (2020). Penerapan Model Inside Outside Circle Dapat Meningkatkan Daya Serap Materi Ajar. Jurnal Azkia, 5(2):1–12. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.9
Meirza, S. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Tipe Inside-Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMA Pasundan 2 Bandung Tahun Ajaran 2022/2023 (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Pendapatan Nasional Di Kelas XI MIPA 2). Bandung: Universitas Pasundan. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60302
Qulsum, N. O., Yahfizham, Y., &Narpila, S. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Arjuna:Publikasi Ilmu PendidikN, Bahasa Dan Matematika, 2(6):75–83. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i6.1292
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik Dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5): 4334–4339. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Saputri, R., Darmiany, D., & Nisa, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle ( IOC ) Terhadap Hasil Belajar Pada Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV SDN Kidang Tahun Pelajaran 2021 /2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4):623–628. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.310
Sarah, S., Rusdiyani, I., & Maryani, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik inside Outside Circle Terhadap Keterampilan Motorik Kasar. Jurnal AUDHI, 3(2):60–66. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.594
Susanti, P. I., Agung, A. A. G., & Wulandari, I. G. A. A. (2020). Pengaruh Model Inside Outside Circle Berbantuan Media Video Terhadap Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1): 22–34. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26975
Syamsuriyawati, S., Khaerani, K., & Setyawan, D. (2022). Pengaruh Metode Inside-Outside Circle ( IOC ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMA Hang Tuah Makassar. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2): 97–106. https://doi.or/10.46918/equals.v5i2.1547
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka : Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4:281–288.
Tumanggor, M. (2021). Berpikir Kritis: Cara Jitu Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21. Ponorogo: Gracias Logis Kreatif.
Upadani, N. M., Agustina, I. G. A. T., & Astawan, I. G. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Tema Berbagai Pekerjaan Dengan Fun Thinkers. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3): 450–458. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37730
Wibowo, A. (2023). Berpikir Kritis. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.
Widiyono, A. (2022). Analisis Kajian Metodik Didaktik Pembelajaran PPKn Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Nusantara, 4(2):524–537. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.4585
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.